Home / Berita

Rabu, 21 Juli 2021 - 10:34 WIB

ADPPI Minta Pemda Bantu Kawasan Panas Bumi Terdampak PPKM Darurat

ADPPI (Asosiasi Daerah Penghasil Panas Bumi Indonesia)

ADPPI (Asosiasi Daerah Penghasil Panas Bumi Indonesia)

ADPPI minta Pemda bantu kawasan panas bumi yang terdampak pelaksanaan PPKM Darurat Jawa Bali salah satunya adalah kawasan wisata panas bumi. Akibat pembatasan tersebut tidak hanya pengusaha pemanfaatan langsung panas bumi yang mengalami kerugian, tetapi juga masyarakat sekitar yang hidupnya bergantung kawasan wisata tersebut.

Terhadap dampak ini, Asosiasi Daerah Penghasil Panas bumi Indonesia (ADPPI) berharap Pemerintah Daerah penghasil panas bumi dapat memberikan insentif pajak dan retribusi, serta refocusing anggaran yang berasal dari Dana Bagi Hasil (DBH) dan bonus produksi panas bumi untuk diprioritaskan pada masyarakat di kawasan panas bumi yang terdampak Covid-19. Sebagaimana diketahui, sektor panas bumi telah memberikan sumbang sih pada pendapatan daerah.

“Kami berharap Pemda baik Provinsi maupun Kabupaten/Kota mengalokasikan DBH dan bonus produksi bagi kepentingan warga yang terdampak Covid-19 terutama setelah dikeluarkannya kebijakan PPKM Darurat” Kata Sekretaris Umum ADPPI.

Baca Juga  Webinar HAGI: Geofisika Untuk Eksplorasi Panas Bumi

Dana ini tidak hanya untuk membantu perekonomian warga sekitar, tetapi juga untuk membantu masyarakat ter-konfirmasi positif Covid-19 yang sedang melakukan Isolasi Mandiri. Pendistribusian bantuan bisa melalui perangkat Desa yang berada di kawasan panas bumi, baik kawasan pemanfaatan langsung maupun di sekitar PLTP.

Di Jawa Bali hampir semua destinasi wisata panas bumi ditutup, bahkan di beberapa tempat seperti di Garut, Jawa Barat, tempat wisata air panas ditutup oleh Satgas Covid-19 jauh sebelum PPKM di laksanakan. Hal tersebut dilakukan untuk menghindari terjadinya kerumunan orang di area wisata.

Sementara itu Pemkab Banjarnegara menerapkan Protokol Kesehatan yang ketat bagi pengunjung kawasan wisata Dieng. Area wisata ini sebagian besar dikelola langsung oleh Pemda. Namun sesuai anjuran pemerintah pusat terkait PPKM Darurat saat ini kawasan wisata Dieng ditutup.

Baca Juga  Jonan, "Capaian Target Bauran Energi Pemerintahan Jokowi-JK 12 Persen"

Penutupan tersebut mengakibatkan banyak warga di sekitar kawasan tersebut kehilangan mata pencaharian. Untuk itu pemanfaatan DBH dan bonus produksi mutlak dilakukan untuk menjaga masyarakat dalam masa pandemi Covid-19 ini, terutama ketika terjadi pembatasan aktivitas masyarakat.

ADPPI berharap penutupan daerah wisata panas bumi ini segera berakhir, hal tersebut dikarenakan daerah wisata panas bumi telah menjadi tumpuan hidup masyarakat. Namun ADPPI juga menegaskan agar pengelola dan masyarakat, baik masyarakat sekitar daerah wisata maupun pengunjung, mematuhi dan menjalankan protokol kesehatan untuk menghindari penyebaran Covid-19.

Berita ini 126 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Berita

Perusahaan Panas Bumi PGE Raih Penghargaan Tingkat Asean

Berita

Panasbumi Satu-satunya Penyumbang PNBP di Sektor EBT
Holding Panas Bumi

Berita

Tahun 2020 Tambahan Kapasitas PLTP Nol, Pertama Kali Terjadi Sejak 2014

Berita

Batalkan Putusan BANI, PN Jakarta Selatan Kabulkan Gugatan Bumigas

Berita

Rida Mulyana: Pengembangan EBT Harus Penuhi Prinsip Merata dan Terjangkau

Berita

Ketum ADPPI Hasanuddin Berharap Presiden Segera Menyelesaikan Kendala Pengembangan Panasbumi

Berita

Hari Ini Kegiatan “The 7th IndoEBTKE ConEx 2018” Dimulai

Berita

Berikut Kontribusi PLTP Patuha untuk Pemkab Bandung dan Masyarakat Sekitar