Home / Berita / Opini

Kamis, 12 Agustus 2021 - 13:50 WIB

Agroforestri Panas Bumi – Menuju Indonesia Zero Carbon

Pusat Konservasi Elang Jawa Kamojang

Pusat Konservasi Elang Jawa Kamojang

PABUMNews – Hubungan agroforestri dengan panas bumi merupakan satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan. Salah satu bagian dari panas bumi selain sumber panas adalah ketersediaan air serta zona resapan air untuk mengisi reservoir. Keberadaan zona resapan tersebut sangat bergantung pada keberadaan area hutan yang berada di sekitar area prospek panas bumi.

Agroforestri atau wanatani merupakan sistem pengelolaan lahan untuk mengatasi masalah ketersediaan dan peningkatan produktivitas lahan tanpa harus merusak kawasan hutan. Konversi lahan hutan untuk pertanian saat ini tidak bisa dihindarkan karena faktor ekonomi dan kebutuhan pangan semakin meningkat setiap tahunnya.

Agroforestri adalah solusi untuk masalah konversi hutan menjadi lahan pertanian. Sistem ini mencegah permasalahan lingkungan seperti banjir, kekeringan, erosi, punah-nya keanekaragaman hayati, penurunan kesuburan hingga perubahan lingkungan akibat konversi hutan.

Hubungan antara agroforestri dengan panas bumi berkaitan dengan ketersediaan kawasan hutan yang terjaga untuk mempertahankan keseimbangan lingkungan. Ketika hutan sudah tidak terjaga karena pembukaan lahan maka kelangsungan hidup masyarakat maupu panas bumi akan terganggu.

Baca Juga  Target Kapasitas Terpasang Tercapai PNPB Baru Setengahnya

Bagi pengembang panas bumi, menjaga ekosistem hutan maka kelangsungan produksi akan terpenuhi. Pengembang panas bumi saat ini banyak berperan dalam pelestarian lingkungan hutan dan konservasi. Pengembang terikat oleh undang-undang dalam pengelolaan lingkungan panas bumi yang sebagian besar berada di kawasan hutan.

Selain program rutin penanaman pohon dan penghijauan, pengembang panas bumi seperti PT. Pertamina Geothermal Energi (PGE) menjalankan program Konservasi Elang Jawa di Kamojang, bekerja sama dengan BKSDA Jawa Barat. Sampai saat ini, PGE terus berkomitmen untuk menjaga kelestarian Elang Jawa serta ikut serta dalam menjaga ekosistem hidupnya.

Manfaat Agroforestri Di Wilayah Panas Bumi

Sistem agroforestri bukan hal yang baru bagi para pengembang panas bumi. Namun memang para pengembang panas bumi masih belum secara fokus untuk menggarap dan menerapkan sistem ini. Biasanya para pengembang hanya memanfaatkan CSR untuk memberikan bantuan baik secara langsung maupun tidak langsung kepada masyarakat.

Baca Juga  Objek Wisata Air Panas Guci Kembali Dibuka

Mekanisme pengelolaan lingkungan panas bumi dan sistem agroforestri bisa berjalan bersama. Terutama dengan melibatkan peran serta masyarakat di sekitar lingkungan panas bumi. Apalagi sebagian besar masyarakat di wilayah panas bumi adalah petani penggarap. Mereka memanfaatkan area pertanian yang lokasinya berada di sekitar wilayah hutan. Bahkan kadangkala masyarakat memanfaatkan hutan untuk lahan pertanian.

Harapannya penggabungan skema ini memberikan dampak positif untuk pengembang maupun masyarakat di sekitar wilayah panas bumi. Dengan optimalisasi program CSR pengembang panas bumi dan masyarakat akan terjalin kebersamaan dan saling percaya satu sama lain.

Bagi masyarakat program ini dapat membatu untuk meningkatkan kesejahteraan tanpa merusak lingkungan hidupnya. Sedangkan bagi pengembang panas bumi program ini dapat menjaga kelangsungan produksi karena kawasan hutan yang menjadi recharge area akan sepenuhnya terjaga serta terhindar dari bencana akibat kerusakan hutan. (hn).

Berita ini 164 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Berita

BUMN Panas Bumi Geo Dipa Peroleh Suntikan Modal Rp 700 Miliar dari Pemerintah

Berita

Kementerian ESDM Abadikan Subroto dalam Penghargaan Pejuang Energi

Berita

Per Desember 2020 Kapasitas Panas Bumi Indonesia 2.130,7 MW Disumbang 14 WKP, Berikut Rinciannya

Berita

Panasbumi Dieng-Patuha: Tak Putus Dirundung Sengketa (Bagian 4-Selesai)

Berita

Pengembangan Panasbumi Sering Terkendala Peraturan Daerah

Berita

Energi Terbarukan, Masa Depan Ketahanan Energi Indonesia

Berita

Kreatif, Pegawai Geo Dipa Upload Foto-foto Pesan Bertema Corona

Berita

Saham Austindo Nusantara di Darajat, Dilepas ke Star Energy