Home / Berita / Featured

Sabtu, 27 Januari 2018 - 10:25 WIB

Air Panas Ciseeng Bogor Memang Menyegarkan

Batu putih yang terdapat di Tirta Sanita Ciseeng Bogor (istimewa)

PABUMNews-Bogor tak hanya memiliki kawasan Puncak yang terkenal itu, tapi juga pemandian air panas. Salah satunya Tirta Sanita Ciseeng di Jalan Cogreg, Desa Bojong Indah, Kecamatan Parung, Kabupaten Bogor.

Berendam di air hangat Ciseeng Anda akan merasakan kesegaran yang luar biasa. Sumber air panas Tirta Sanita Ciseeng berasal dari gunung kapur yang banyak mengandung belerang. Tak heran jika air panas ini sangat baik untuk kesehatan badan.

Luas areal pemandian sekitar 8 ha. Dengan panorama alam yang hijau berhawa pegunungan, pemandiaan Tirta Sanita Ciseeng sangat pas sebagai tempat refreshing setelah sehari-hari disibukkan oleh pekerjaan.

Ada dua blok kolam renang di sini. Jika ingin mandi bareng dengan tiket yang lebih murah, Anda bisa berendam di kolam terbuka yang terdapat di belakang area parkir. Anda berjalan terlebih dahulu mendaki bukit lewat jalan setapak. Beberapa ratus meter kemudian akan Anda dapatkan pemandian. Di sini Anda bisa berendam sepuasnya bareng bersama keluarga.

Baca Juga  PLTP Mandailing Natal Tahap I, Beroperasi Maret 2018 Ini

Yang menarik dari lokasi pemandian air panas Ciseeng adalah deretan pohon palem raja yang tertata rapi di kedua sisi jalan. Menyusuri jalan ini, rasanya kita akan masuk ke tempat yang istimewa.

Di Tirta Sanita ada yang lebih menarik, yakni keberadaan batu besar yang dapat berubah warna jadi putih. Menurut keterangan, perubahan warna itu karena pengaruh kandungan belerang pada gunung kapur tersebut.

Nah, naiklah dari batu besar itu sedikit. Dari sana Anda akan melihat kolam air panas memutih kehijauan. Inilah kolam air panas yang bsia digunakan untuk berendam terbuka dan beramai-ramai.

Khusus di Tirta Sanita Ciseeng, pemandiannya memang tertutup, berbentuk bilik-bilik. Ada tipe biasa ada juga tipe VIP. Anda tinggal memilih sesuai kehendak. Untuk tipe VIP, kolam rendam hanya bisa digunakan seorang saja, tak boleh berdua, meskipun itu dengan istri.

Baca Juga  Pemerintah Atur Wisata Air Panasbumi

Selain berendam, ada berbagai aktivitas yang bisa Anda nikmati di pemandian Ciseeng. Pertama, outbond atau meluncur di ketinggian dengan flying fox. Ada juga kendaraan ATV, duck boat dan giant house of barbie, monorel dan sebagainya untuk menggembirakan keluarga, terutama anak-anak.

Anda pun tak usah khawatir kelaparan jika berkunjung ke Ciseeng, pasalnya banyak warung nasi di speutar pemandian. Meskipun sederhana, namun dijamin bersih.

Selamat mencoba. Namun jangan heran jika pada hari-hari libur, pemandian yang terletak di kawasan pedesaan ini padat pengunjung. Pasalnya, Ciseeng kini sudah menjadi pilihan warga untuk berwisata. (es)

Berita ini 63 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Berita

Dirjen EBTKE Sutidjastoto: Pengembangan EBT Harus Dibarengi “Creating Market”

Berita

ADPPI Minta Penugasan Pengusahaan Panasbumi Ditunda

Berita

Panasbumi Dieng-Patuha, Tak Putus Dirundung Sengketa (Bagian 2)

Berita

Pemandian Air Panasbumi Sumber Urip Rejang Lebong, Sederhana Namun Alami

Berita

Di Sulawesi Utara, Panasbumi Akan Jadi Mata Pelajaran

Berita

Kendala Utama Pengembangan Panasbumi Ada di Harga Jual

Berita

Inilah Progres Pengembangan Panas Bumi Indonesia

Berita

Pertamina Forum Energy 2017, Gali Pemikiran Pengembangan Energi Terbarukan