Home / Berita

Kamis, 10 Mei 2018 - 21:50 WIB

Akhirnya PLTP Sarulla Unit III Resmi Beroperasi

PABUMNews-Akhirnya PLTP Sarulla Unit III di Sumatera Utara resmi beroperasi pada Selasa (8/5/2018).

PLTP Sarulla diopersikan oleh PT SOL, konsorsium dari Inpex Corporation Ltd yang memiliki saham 18,25%, Medco Power Indonesia sebesar 18,99%, ITOCHU Corporation sebesar 25%, Kyushu Electric Power Co.,Ltd sebesar 25%, dan Ormat Technologies, Inc sebesar 12,75%.

Unit ketiga PLTP Sarulla ini memiliki kapasitas 110 MW, dengan demikian PLTP Sarulla memiliki kapasitas 330 MW, setelah Unit I dan II beroperasi beberapa waktu lalu dengan kapasitas masing-masing 110 MW. Dalam siaran persnya, baik Inpex maupun Medco Energy menyatakan, kapasitas 330 MW bisa mengaliri listrik 2,1 juta rumah tangga. Dengan kapasitas sebesar itu, PLTP Sarulla diklaim merupakan PLTP terbesar di dunia.

Baca Juga  Tenaga Ahli Panasbumi Jangan Didominasi Tenaga Asing

Proyek pembangunan PLTP Sarulla dimulai 2014 lalu. Unit pertama proyek ini beroperasi Maret 2017. Kemudian, unit kedua beroperasi di tahun yang sama tepatnya yakni Oktober 2017. Dan unit ketiga beroperasi pada Selasa kemarin. Penyelesainya memang terbilang cepat, sebab hanya dalam watu tiga tahun, konsorsium bisa menyelesaikan proyek sesuai rencana.

Dalam siaran pers Rabu (8/5/2018), Inpex menyatakan, seluruh daya listrik yang dihasilkan dari PLTP Sarulla dijual kepada PT PLN (Persero) selama 30 tahun.

Baca Juga  DPR Apresiasi Terobosan BPPT dalam Teknologi Rancang Bangun Pembangkit Panasbumi

Sementara itu, Presiden Direktur PT Medco Energi Internasional Tbk, Hilmi Panigoro, menyatakan sangat senang dengan penyelesaian Proyek PLTP tersebut. Menurutnya, PLTP Sarulla dapat memberikan dukungan untuk keberlanjutan pembangunan ekonomi Indonesia.

“Proyek ini adalah pembangkit listrik tenaga panasbumi dengan kontrak tunggal terbesar di dunia. Proyek senilai US $ 1,7 miliar ini menghasilkan sekitar 330 MW listrik, yang cukup untuk memenuhi kebutuhan tenaga listrik bagi 2,1 juta rumah tangga Indonesia,” ujar Hilmi Panigoro dengan bangga. (es)

Berita ini 46 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Berita

Curug Jodo, Aliran Air Panasbumi Tangkuban Parahu Tempat Mandi Dayang Sumbi
Pemandian Air Panas Terbaik Dunia

Berita

Pemandian Air Panas Terbaik Dunia (Seri 1)

Berita

Panasbumi Andalan Jawa Timur Penuhi Bauran Energi
GreenFire Mengembangkan Teknologi Panas Bumi Jepang

Berita

GreenFire Mengembangkan Teknologi Panas Bumi Jepang

Berita

Wapres Jusuf Kalla: Energi Bersih Berkelanjutan dan Terjangkau Harus Terus Diupayakan

Berita

Gubernur Sumbar dan EBT

Berita

ADPPI: Ketidakpastian Regulasi Panas Bumi Disengaja Untuk Mempertahankan Energi Tak Terbarukan

Berita

Face Shield, APD Wajib di Lingkungan Ditjen EBTKE untuk Cegah Covid-19