Home / Berita

Jumat, 20 Oktober 2017 - 10:27 WIB

APDESI Pasirwangi: Bonus Produksi Diprioritaskan Untuk Masyarakat Sekitar PLTP Darajat

PABUMNews-Ketua Asosiasi Pemerintahan Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Kecamatan Pasirwangi, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Encep Suryadi Ningrat berharap PT. Star Energy yang mengoperasikan Pembangkit Listrik Tenaga Panasbumi (PLTP) Darajat mempublikasikan nominal bonus produksi panasbumi.

“Kami berharap pihak perusahaan terbuka mengenai besaran nominal bonus produksi dan peruntukkannya untuk masyarakat sekitar PLTP,” kata Encep dalam acara sosialisasi yang dilaksanakan oleh Direktorat Panasbumi Kementerian ESDM dan PT. Star Energy pada Rabu (18/10/2017) lalu di Kecamatan Pasirwangi, sebagaimana diberitakan porosgarut.com, Kamis (19/10/2017).

Kasubdit Pengawasan, eksplorasi dan eksploitasi panasbumi Ditjen Panasbumi Kementerian ESDM, Budi Herdianto menerangkan, berdasarkan Undang-Undang Nomor 21 tahun 2014, ada kewajiban pengembang untuk mengeluarkan bonus produksi di luar kewajiban Dana Bagi Hasil (DBH) dan CSR yang selama ini sudah berjalan.

Baca Juga  Potensi Panasbumi Kaloi dan Lokop di Kabupaten Aceh Tamiang

“Ini perhitungannya agak berbeda. Ditetapkan di undang-undang juga wajib disetorkan oleh pengembang panasbumi berupa persentase tertentu dari pendapatan kotor. Kalau yang jualan listrik itu 0,5persen, kalau yang jualan uap itu 1 persen,” kata Budi kepada sejumlah wartawan.

Ketentuan ini telah diatur lebih lanjut dalam Peraturan Pemerintah Nomor 28 Tahun 2016 tentang Bonus Produksi. Prioritas mendapatkan bonus produksi adalah daerah kerja tempat perusahaan beroperasi.

Baca Juga  METI, “Permen No. 12/2017 Hanya untuk Menurunkan BPP PLN”

“PP Nomor 28 tahun 2016 menyatakan bahwa pasal 8 ayat 3, Pemerintah Daerah penghasil dalam hal ini adalah kabupaten atau kota memprioritaskan bonus produksi bagimasyarakat di wilayah kerja,” katanya.

Sementara untuk Dana Bagi Hasil (DBH) maupun CSR, menurut Budi, ini sudah lama berjalan. Dan dana bagi hasil ini memang bukan hanya untuk sektor panasbumi saja tapi untuk sektor lain pun sama berlaku. (AS)

Berita ini 97 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Langkah Strategis PGE

Berita

Langkah Strategis PGE Menuju World Class Green Energy Company

Berita

Air Panas Gunung Papandayan, Destinasi Wisata di Tengah Hawa Dingin yang Mengigit

Berita

“Pangalengan Bangkit” Demo PT Star Energy

Berita

Indonesia Tawarkan Kerjasama Panasbumi kepada Rusia
Pemanfaatan Langsung Panas Bumi di Islandia

Berita

Pemanfaatan Langsung Panas Bumi Untuk Industri Pengolahan Pascapanen Ramah Lingkungan

Berita

SOL Jadi The Best New Comer Power Plant Company

Berita

Tahun 2018 Ini, Pemanfataan Panasbumi Indonesia Benar-benar Salip Filipina

Berita

Inilah Rencana Besar Geo Dipa Kembangkan Panas Bumi Dieng dan Patuha