Home / Berita

Sabtu, 14 Oktober 2017 - 10:31 WIB

Bengkulu Bisa Jadi Lumbung Energi Terbarukan

PLTP Hululais (foto: esdm.go.id)

PABUMNews-Pelaksana Tugas Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah berharap potensi energi baru terbarukan (EBT) yang dimiliki Bengkulu, terutama potensi panasbumi, dimanfaatkan secara maksimal untuk meningkatkan kesejateraan rakyat Bengkulu dan mendukung ketersediaan energi nasional.

Bahkan Rohidin yakin, potensi EBT yang dimiliki Bengkulu, jika dimanfaatkan secara maksimal, bisa menjadikan Bengkulu sebagai lumbung energi terbarukan secara nasional.

“Bengkulu punya potensi panasbumi yang besar dan bisa menjadikan daerah kami sebagai lumbung energi terbarukan,” kata Rohidin di Bengkulu, Kamis lalu seperti dirilis antaranews.com.

Baca Juga  Kembangkan Patuha dan Dieng, GDE akan Bangun Proyek Rp 10 Triliun

Ia mengatakan, ketersediaan sumber energi dapat menjadi salah satu modal percepatan pembangunan daerah yang berada di pesisir Pantai Barat Sumatera ini.

Saat bertemu dengan direksi PT Pertamina Geothermal Energy (PGE) di Jakarta baru-baru ini, Rohidin juga menyampaikan potensi sumber daya alam khususnya panasbumi yang belum dieksplorasi optimal.

“Ada potensi panasbumi di Kabupaten Kepahiang, Rejanglebong dan Lebong tapi yang baru dieksplorasi ada di wilayah Lebong,” kata dia.

Rohidin yang menggantikan sementara posisi Gubernur (nonaktif) Ridwan Mukti akibat tersangkut kasus dugaan korupsi mengatakan, ketersediaan energi juga dapat memicu pengembangan industri.

Baca Juga  Perusahaan Panas Bumi PGE Gelar Pelatihan IT untuk Pelajar

Namun dia mengingatkan eksplorasi dan eksploitasi sumber daya alam agar berkontribusi terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat setempat.

“Apalagi rata-rata potensi panasbumi berada di kawasan lindung sehingga pengawasan perlu ditingkatkan dan meminimalisir risiko,” katanya.

Sebelumnya, PT Pertamina Geothermal Energy telah mengeksplorasi panasbumi di Hululais Kabupaten Lebong dan Bukit Daun Kabupaten Rejanglebong.

Untuk pembangkit listrik tenaga panasbumi (PLTP) Hululais Kabupaten Lebong ditargetkan 2×55 MW dan PLTP Bukit Daun ditargetkan sebesar 3×30 MW. (es)

Berita ini 17 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Berita

Potensi Panasbumi Kalimantan Barat Tersebar di Lima Titik

Berita

Perusahaan Panas Bumi PT SOL Fasilitasi Paket B dan C Gratis Bagi Warga

Berita

Ketum ADPPI Hasanuddin Berharap Presiden Segera Menyelesaikan Kendala Pengembangan Panasbumi

Berita

Kementerian ESDM Bantu Pengembang EBT Carikan Pinjaman Berbunga Murah

Berita

Alimin Ginting Usulkan 27 November Ditetapkan sebagai Hari Panasbumi Indonesia

Berita

Di Pantai Kawaliwu, Air Panasbumi Bersembunyi di Hamparan Batu

Berita

Pemerintah Diminta Selesaikan Sengketa PLTP Dieng-Patuha
HAGI Online Workshop: Magnetotelluric Data Analysis using Geotools

Berita

HAGI Online Workshop: Magnetotelluric Data Analysis using Geotools