ADPPI Dorong BUMN/IPP Panas Bumi Lakukan Tracing Covid-19 di Area Kerja

ADPPI Dorong BUMN/IPP Panas Bumi Lakukan Tracing Covid-19 di Area Kerja

Peta sebaran Covid-19 di Kabupaten Garut. (Sumber: covid19garut.go.id)

PABUMNews – Berkenaan dengan merebaknya pandemi Covid-19 di beberapa area kerja pembangkit listrik tenaga panas bumi (PLTP), di antaranya di Kabupaten Garut, Jawa Barat, Asosiasi Daerah Penghasil Panas Bumi Indonesia (ADPPI) menghimbau dan mengajak pihak perusahaan BUMN/IPP panas bumi untuk ikut membantu Tim Gugus Tugas atau pemerintah daerah melakukan penanganan.

“Bantuan penanganan bisa berupa test dan tracing di sekitar area kerja panas bumi sebagai bentuk tanggung jawab sosial perusahaan dalam bergotong royong mengendalikan wabah Covid-19,” jelas Ketua Umum ADPPI Hasanuddin dalam pres rilisnya, Selasa (22/12/2020).

Test dan tracing oleh pihak perusahaan, lanjut Hasanuddin, penting dilakukan agar karyawan perusahaan panas bumi, keluarganya dan warga di sekitarnya aman dari virus Corona.

“Bergitu juga lingkungan kerja, bisa terjaga. Selain itu bisa membantu Satgas Covid-19 dalam melakukan tracing dan treatment dengan cepat,” jelasnya.

Hasanuddin mengakui, kontribusi PLTP terhadap pemerintah (Pusat, Provinsi dan Kab/kota) dalam bentuk Dana Bagi Hasil (DBH) dan Bonus Produksi dari wilayah kerja panas bumi sudah sangat membantu. Namun, katanya, karena situasi darurat kebencanaan akibat Covid-19, ada baiknya pihak perusahaan ikut berkontribusi juga membantu, setidaknya dalam bentuk test dan tracing di area kerja.

Terkait dengan kondisi Covid-19 di Kabupaten Garut, ia menyebutkan, sebagian besar kecamatan sekarang ini dalam status zona merah. Selain itu, penularannya pun dari hari ke hari menunjukkan perkembangan yang siginifikan.

“Di Garut ada tiga PLTP yang berdiri, setidaknya pihak perusahaan pengelola masing-masing PLTP tersebut bisa membantu Tim Gugus Tugas dan Pemda Garut untuk melakukan test dan tracing kepada karyawan, keluarga, dan warga sekitar. Bantuan tersebut akan sangat berarti bagi pemerintah daerah, terutama Garut, yang kini sedang menghadapi lonjakan kasus Covid-19,” paparnya.

Agar kasus Covid-19 di Garut tak dialami oleh daerah lainnya, tambahnya, ADPPI juga mendorong PLTP di daerah lainnya melakukan test dan tracing di lingkungan area kerjanya masing-masing.

“Pandemi Covid-19 merupakan permasalahan bersama, oleh karena itu mari kita tunjukkan kepedulian kita terhadap karyawan dan warga sekitar perusahaan dengan memberikan tes dan tracing sebagai bentuk antisipasi,” paparnya.

Hasanuddin mengatakan, ADPPI juga menagajak Asosiasi Panasbumi Indonesia (API) untuk bekerjasama dalam mengajak BUMN/IPP melakukan hal tersebut. (es)