Agus Hermanto: Bali Harus Jadi Primadona Energi Ramah Lingkungan

Agus Hermanto: Bali Harus Jadi Primadona Energi Ramah Lingkungan

PABUMNews- Wakil Ketua DPR RI Agus Hermanto yang terkenal sangat mendukung penggunaan energi panasbumi karena dinilai bersih dan ramah lingkungan, menyarankan agar Bali sebagai pulau wisata mengoptimalkan penggunaan energi baru terbarukan (EBT) yang tidak mencemari lingkungan. Hal itu menurut Agus agar wisatawan yang berkunjung ke Bali merasa nyaman.

Menurutnya, sekarang ini energi listrik di Bali sangat didominasi pembangkit listrik batu bara yang mencemari lingkungan.

“Bali harus dijadikan primadona dengan penggunaan energi yang ramah lingkungan. Apabila energi ramah lingkungan di Bali terwujud, saya yakin sektor pariwisata akan menjadi naik,” ucap Agus usai berbicara dalam forum The 2nd World Parliamentary Forum on Sustainable Development di Bali seperti dirilis tribunews.com, Rabu (12/9/2018).

Agus menilai, kegiatan The 2nd WPFSD merupakan mementum yang baik dalam upaya memperkuat penggunaan energi baru terbarukan (EBT) di Bali.

Terkait energi panasbumi, politisi dari Partai Demokrat itu mengajak agar penggunaannya di Indonesia harus terus dikuatkan, apalagi Indonesia memiliki resources yang cukup tinggi di bidang energi tersebut.

“Selain tidak mencemari lingkungan, buangan energi panasbumi juga bisa dimanfaatkan bagi kesehatan dan juga pertanian,” katanya.

Ditambahkannya, penguatan penggunaan energi panasbumi di Indonesia sesuai dengan Paris Agreement yang telah ditandatangani oleh Presiden Joko Widodo beberapa waktu lalu.

“Presiden juga sudah menandatangani Paris Agreement, yang di dalamnya mengharuskan kita untuk ikut menjaga lingkungan dunia, yakni dengan menggunakan energi yang ramah lingkungan. Oleh karenanya, kita harus memperkuat masalah energi baru terbarukan ini,” ucap Agus.

Selain panasbumi, lanjutnya, energi angin pun perlu terus didorong pembangunannya, seperti di Jeneponto dan Sidrap, Sulwesi Selatan, yang potensinya juga sangat bagus. (es)