Air Panas Sumur, Wahana Wisata Baru di Garut Utara

Air Panas Sumur, Wahana Wisata Baru di Garut Utara

PABUMNews-Sesuai namanya, tempat refreshing warga Garut Utara ini terletak di Kampung Sumur, di Desa Sukasono, Kecamatan Sukawening, Kabupaten Garut, Jawa Barat.

Pemandian yang dikelola warga setempat ini sebenarnya sejak dulu sudah populer. Namun sekitar enam bulan lalu, si pemilik lahan membangun kolam representatif berikut tempat ganti pakaian dan bangunan lainnya sebagaimana objek wisata air panas di Cipanas, Kecamatan Tarogong Kaler, Kabupaten Garut yang terkenal itu. Dengan kolam dan bangunan yang representatif, maka jadilah pemandian air panas Sumur sekarang ini lebih populer.

Kolam air panas Sumur merupakan satu-satunya pemandian air panas di Garut Utara. Diperkirakan, air panas ini bersumber dari Gunung Api Talagabodas yang jaraknya sekitar 25 km dari tempat ini. Tapi bisa juga dari Gunung Karaha yang sekarang panasbuminya digunakan untuk energi listrik oleh PT. Pertaminan Geothermal Energy (PGE).

Pemandian ini terletak tepat di bawah Gunung Cikarees. Di sebelah Timur Gunung ini merupakan Gunung Karaha Bodas, tempat dibangunnya PLTP (Pembangkit Listrik Tenaga Panasbumi) Karaha, sementara ke arah tenggara adalah Gunung Talagabodas. Yang unik, hanya di tempat inilah ada air panas di Kampung Sumur. Airnya keluar langsung dari mata air yang kini dijadikan pemandian.

Pemandian itu sendiri dulunya merupakan kawasan situ atau danau air panas. Namun berbeda dengan pemandian air panas di tempat lainnya yang terkedang sedikit beraroma belerang, air panas Sumur selain jernih juga tak berbau. Airnya tak ubahnya air tawar biasa. Suhunya pun relatif adem, sekitar 25 derajat Celcius.

Fasilitas yang tersedia di pemandian ini di antaranya kamar ganti dan kamar bilas. Sementara kolam renangnya ada tiga, yang besar satu dan yang relatif kecil dua kolam.

Lokasi pemandian sangat mudah dijangkau kendaraan, baik roda dua maupun roda empat sebab berada tepat di pinggir jalan Desa Sukasono. Dari arah Garut Kota Anda bisa menempuhnya ke arah Cibatu-Malangbong. Setelah sampai di Pasirjengkol, belok ke arah kanan melalui jalan Desa Sukasono. Dari sana jaraknya sekitar 1,5 km.

Meskipun lokasinya berada di tengah perkampungan, namun suasana alam pemandian air panas Sumur cukup menarik ke arah Barat Anda bisa melihat suasana pesawahan yang terhampar luas, sementara ke arah Timur terlihat pegunungan Cikarees. Jadi, meskipun ada beberapa rumah penduduk di kawasan pemandian, namun suasananya masih alami sehingga bisa diajdikan tempat refreshing.

Tiket masuk ke pemandian ini pun relatif murah, hanya Rp 10.000 per orang. Dengan uang sebesar itu, Anda bisa menikmati segarnya air panas Sumur sepuasnya.

Satu hal, Anda boleh percaya boleh juga tidak. Sekitar tahun 2015, air dari kawasan Kampung Sumur pernah menghebohkan Jawa Barat sebab dianggap bisa menyembuhkan berbagai penyakit. Tahun itu Sumur dikunjungi warga dari berbagai daerah, di antaranya dari Tasik, Tanggerang, Bogor, Subang dan daerah lainnya dengan tujuan mandi atau minum di air mujarab tersebut. Selain itu air mujarab Kampung Sumur pun pernah dikapalkan ke Kalimantan karena banyak warga Kalimantan yang meminta dikirimi air berkhasiat tersebut.

Letak air mujarab itu sekitar 200 km dari pemandian air panas ke arah Selatan. Sekarang di mata air mujarab dibangun pemandian umum agar mereka yang mandi merasa nyaman. (es)