Bakrie Power Fokus Sukseskan PLTP Sokoria dan Telaga Ngebel

Bakrie Power Fokus Sukseskan PLTP Sokoria dan Telaga Ngebel

PABUMNews – PT Bakrie Power, salah satu IPP (independent power producer) yang telah sukses mengembangkan pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) batubara di sejumlah tempat, kini tengah fokus menyukseskan pembangunan pembangkit listrik tenaga panas bumi (PLTP), yaitu PLTP Sokoria dan PLTP Telaga Ngebel.

PLTP Sokoria yang berlokasi di Kabupaten Ende, Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT) berkapasitas 5 MW sebentar lagi COD tersambung dengan PLN. Sedangkan pembangkit Telaga Ngebel di Ponorogo, Jawa Timur, kini masih tahap eksplorasi.

“PLTP Sokoria dalam tahapan pengembangan dan Telaga Ngebel dalam tahap eksplorasi,” kata Direktur Utama Bakrie Power Dody Taufiq Wijaya, Rabu (21/10/2020).

Ia menambahkan, PLTP Sokoria dikembangkan sampai enam unit masing-masing berkapasitas 5 MW (6 x 5 MW). Sementara PLTP Telaga Ngebel direncanakan berkapasitas 3X55 MW.

Menurut Doddy, di bidang pemanfaatan panas bumi, untuk sementara perusahaannya fokus pada dua lokasi tersebut. Sementara untuk pembangkit EBT lainnya, Bakri Power juga kini tengah mengembangkan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) 150 MW di Jawa Barat dan Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB).

Diketahui, PLTP Sokoria di NTT dikembangkan Bakrie bersama mitranya, KS Orkha. Untuk membangun PLTP Sokoria, kedua perusahaan tersebut mendirikan PT Sokoria Geothermal Indonesia (SGI) dimana KS Orkha menguasai saham 95 persen, sementara Bakrie 5 persen.

Sedangkan untuk panas bumi Telaga Ngebel, Grup Bakrie memenangi lelang pada tahun 2011. Tahun 2017 lalu, perusahaan telah melakukan pemboran sumur eskplorasi di sejumlah tempat. Dari potensi 165 MW yang ada di Telaga Ngebel, Bakrie akan membangun kapasitas PLTP 55 MW untuk tahap pertama.

PT Bakrie Power memulai menjalankan bisnis kelistrikannya lewat pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) berbahan bakar batubara. PLTU yang telah sukses dibangun yaitu berlokasi di Tanjung Bara, Kutai Timur, Kalimantan Timur dengan kapasitas 3×55 MW.

Pembangkit listrik lainnya yang sedang dibangun Bakrie selain di Sokoria dan Ponorogo, yaitu PLTU Tanjung Jati “A” berkapasistas 2×660 MW, dan PLTS (Surya) di Jawa Barat berkapasitas 150 MW. (es)