Banyu Panas Gempol Palimanan, Objek Wisata Air Panasbumi di Daerah Nasi Jamblang

Banyu Panas Gempol Palimanan, Objek Wisata Air Panasbumi di Daerah Nasi Jamblang

Pengunjung menikmati air panas alami di objek wisata Banyu Panas Gempol

PABUMNews – Cirebon, Jawa Barat, yang dikenal dengan udang dan nasi jamblangnya, juga memiliki objek wisata air panas yang kini mulai populer. Namanya Banyu Panas Gempol Palimanan. Sesuai namanya, objek wisata ini berada di Palimanan, sekitar 45 menit perjalanan dari Pusat Kota Cirebon ke arah Bandung.

Dengan areal sekitar 4 ha dan kondisi alam yang rindang dengan pepohonan, Banyu Panas Palimanan cukup pas dijadikan sebagai tempat wisata.Tak heran jika pada hari Minggu dan hari-hari libur lainnya, objek wisata ini selalu dipadati pengunjung.

Namun pemandian air panas Gempol tak hanya sekedar objek wisata, melainkan juga sebagai tempat terapi atau pengobatan alternatif berbagai penyakit, di antaranya rematik, ketombe, penyakit tulang, keseleo, darah tinggi, dan sakit sendi. Bahkan tempat terapilah yang membuat pemandian Gempol sekarang ini menjadi populer.

Dadang (51), warga Kecamatan Ciledug, Kabupaten Cirebon, mengatakan, ia dan keluarganya mengunjungi Banyu Panas Gempol selain ingin rekreasi, juga ingin mengobati penyakit ibunya.

“Sudah lama ibu saya mengalami nyeri sendi lutut. Sambil terus menjalani pengobatan klinis, saya mencoba membawa ibu saya ke Banyu Gempol untuk berendam. Sudah dua kali ke sana. Menurut ibu saya alhamdulillah sakitnya agak mendingan,” kata Dadang seraya mengatakan, ia berniat membawa ibunya kembali ke Banyu Gempol dengan harapan penyakit nyeri sendinya benar-benar sembuh.

Air di Banyu Panas Gempol mengandung belerang yang cukup tinggi. Inilah yang membuat warga percaya bahwa air di sini bisa menyembuhkan berbagai penyakit. Lokasinya berada di pinggir Gunung Kromong, gunung kapur yang cukup terkenal di Cirebon. Belum ada data pasti dari mana air panas Gempol berasal. Namun diduga masih terkait dengan sumber panasbumi Gunung Ciremai, mengingat Palimanan merupakan salah satu daerah yang masuk dalam wilayah kerja panasbumi (WKP) Ciremai.

Pemandian ini dilengkapi berbagai sarana yang cukup memadai. Areal parkir yang sangat luas dan terjaga keamanannya, tempat mandi atau basuh, areal joging track serta gazebo dengan design taman yang indah.

Ada dua kolam utama di tempat ini yang selama ini sering dijadikan tempat berendam berkunjung. Di pinggir kolam dilengkapi gazebo untuk beristrahat.

Yang cukup unik, Banyu Panas Gempol bukanlah pemandian yang muncul secara alami, melainkan merupakan hasil pengeboran pihak Indocement pada tahun 2008 lalu. Ceritanya, perusahaan produsen semen ini melakukan pengeboran di lokasi ini untuk mencari sumber air bersih. Namun yang muncul ternyata bukan air bersih yang diharapkan, melainkan air panas yang mengandung belerang. Melihat hal itu, maka pihak Indocement dan Dinas Pariwisata kemudian membangun tempat tersebut sebagai tempat wisata air panas. (es)