BUMN Panasbumi Geo Dipa Sosialisasikan Rencana Pemboran Sumur Baru di Patuha

BUMN Panasbumi Geo Dipa Sosialisasikan Rencana Pemboran Sumur Baru di Patuha

PABUMNews- Geo Dipa Energi (GDE), BUMN yang bergerak dalam bidang energi panasbumi, akan melakukan pemboran 10 sumur baru di PLTP Patuha Unit 2, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Terkait rencana itu, pihak Geo Dipa sudah melakukan sosialisasi kepada masyarakat sekitar PLTP Patuha Unit 2, di antaranya masyarakat Desa Panundaan dan Desa Sugihmukti, Kabupaten Bandung beberapa hari lalu.

Direktur Utama GDE, Riki Firmanda Ibrahim, mengatakan, pemboran 10 sumur di WKP Patuha akan dilakukan pada 2020. Seperti dirilis katadata.co.id (22/2/2019) lalu, Riki menyatakan, kegiatan menambah sumur baru ini diharapkan bisa mengoptimalkan PLTP Patuha unit 2. Nilai investasi masih harus menunggu kajian studi kelayakan, namun Riki yakin dengan tambahan 10 sumur tersebut, Patuha Unit 2 bisa mencapai kapasitas 80 megawatt (MW) hingga 30 tahun.

Sementara itu, saat sosialisasi di Desa Panundaan, staf ahli Geo Dipa, Dadang Syarif yang mewakili perusahaan, menyatakan, saat ini Geo Dipa sedang melakukan studi kelayakan terkait rencana pengembangan Patuha 2 tersebut. Dengan sosialisasi diharapkan Geo Dipa mendapatkan masukan-masukan dan tanggapan masyarakat di sekitar area PLTP sehingga tidak menimbulkan persepsi yang salah di masyarakat.

“Geo Dipa berkomitmen melakukan pengembangan secara masif dalam rangka pemenuhan target 23 persen bauran energi di tahun 2025, serta berupaya untuk maju bersama masyarakat sekitar dengan memberikan penghidupan dan bekal untuk meningkatkan taraf hidup menuju yang lebih baik,” kata Dadang Syarif (beritautama.net, 22 Maret 2019).

Selama ini PLTP Patuha unit 1 yang dikelola Geo Dipa menghasilkan kapasitas 60 MW. Kapasitas ini masih jauh dari potensi yang dimiliki WKP Patuha yang mencapai 400 MW, sehingga Geo Dipa mengembangkan Patuha 2 dan Patuha 3, masing-masing berkapasitas 55 MW. (es)