Bupati Tapanuli Utara Pastikan Tak Ada TKA di PT SOL Terjangkit Covid-19

Bupati Tapanuli Utara Pastikan Tak Ada TKA di PT SOL Terjangkit Covid-19

Bupati Tapanuli Utara Nikson Nababan bersama rombongan memonitor perumahan PT SOL. (Foto: PALAPAPOS/Alpon Situmorang)

PABUMNews – Perumahan PT Sarulla Operation Limited (SOL) di Siarang-arang, Desa Partali Julu, Tarutung, Tapanuli Utara, Sumatera Utara, disemprot disinfektan, Sabtu (21/3/2020).

Penyemprotan dilakukan pihak Pemkab Tapanuli Utara. Yang istimewa, Bupati Tapanuli Utara Nikson Nababan, ikut memantau kegiatan itu. Bupati tak sendirian, hadir pula Sekda Indra Sahat Simaramare, Kabag OPS Polres Tapanuli Utara Kompol. Gamal, Pasi OPS Kodim 0210 TU Kapten. Jonni Lumbantoruan, Kadiskes Alexander Gultom, Kasatpol PP Rudi Sitorus dan Kepala BPBD Bonggas.

Ternyata, kehadiran Bupati berikut para pejabat Tapanuli Utara di perumahan PT SOL selain untuk memastikan penyemprotan berjalan lancar, juga untuk memastikan bahwa para Tenaga Kerja Asing di PT SOL tidak terkena virus corona dan tidak berkeliaran keluar kompleks.

Seperti diketahui, PT SOL adalah perusahaan yang mengoperasikan pembangkit listrik tenaga panas bumi (PLTP) Sarulla. Di PLTP yang diklaim merupakan terbesar di dunia ini, ada sejumlah tenaga asing.

”Setelah kemarin Pasar Tarutung, kita perintahkan juga perumahan Sarulla Operation Limited untuk disemprot disinfektan,” kata Nikson di lapangan.

Bupati dan rombongan diterima oleh Site Manager dan Wakil Kepala Teknik PT SOL, Zulham Anwar. Dalam kesempatan itu, Zulham menyebutkan, semua karyawan di PT SOL telah dilakukan cek kesehatan untuk menjamin tak terpapar virus corona.

“Begitu juga seluruh pekerja asing. Mereka sudah lama tak pulang ke negerinya dan pula sudah dicek kesehatannya,” ujar Zulham.

Sementara itu Bupati Nikson Nababan menyatakan, dari hasil pengecekan dirinya, seluruh TKA di PT SOL sekarang ini tak ada lagi yang mondar- mondar.

“Yang ada di sini pun, sudah tinggal sejak tiga bulan lalu, tidak pernah pulang ke negaranya,” ungkapnya.

Ditambahkannya, PT SOL sangat kooperatif dengan upaya Pemkab Tapanuli Utara dalam upaya menangani wabah Covid-19. (Den)