Di Air Panas Penindaian Lahat, Ribuan Butir Telur Matang dalam Hitungan Menit

Di Air Panas Penindaian Lahat, Ribuan Butir Telur Matang dalam Hitungan Menit

Warga sedang menikmati air panasbumi di Sungai Penindaian, Kabupaten Lahat, Sumatera Selatan. (Foto: Istimewa)

PABUMNews – Desa Penandingan, Kecamatan Tanjung Sakti Pumi, Kabupaten Lahat, Provinsi Sumatera Selatan, memiliki potensi wisata air panasbumi yang menakjuban, yakni berupa air panasbumi yang mengalir di sungai. Nama sungainya Penindaian. Tak heran jika sungai yang mengalir di pinggir desa ini, airnya bersuhu hangat, sekitar 30 – 40 derajat Celcius karena merupakan campuran air sungai asli bersuhu normal dan air panasbumi yang bersuhu sekitar 100 derajat Celcius.

Meskipun lokasinya cukup jauh dari perkotaan dengan medan jalan yang cukup berat, namun air panas Penindaian selalu ramai pengunjung, terutama pada hari-hari libur seperti hari Minggu.

Pengunjung pun tak hanya dari Langkat, tapi juga ada yang dari Bengkulu karena memang Penindaian berbatasan dengan Bengkulu. Warga rupanya penasaran dengan keberadaan air panas di sungai tersebut.

Selain itu, banyak warga yang percaya bahwa air panasbumi Sungai Penindaan berkhasiat mengobati berbagai penyakit, di antaranya penyakit kulit dan rematik. Maka, selain jadi tempat wisata, Sungai Penindaan pun menjadi tempat terapi atau pengobatan alternatif. Mereka yang mengidap penyakit kulit, rematik bahkan asma, sering berlama-lama berendam di Penindaian sambil menikmati kondisi alam yang masih asli.

Ada delapan mata air panasbumi yang keluar di sungai ini. Beberapa di antaranya sengaja ditampung di bak sederhana di dasar sungai. Karena langsung keluar dari sumbernya dan belum tercampur air sungai yang bersuhu normal, air di bak ini sangat panas, sekitar 100 derajat Celcius. Nah bak ini kerap digunakan warga sebagai tempat merebus telur atau merebus makanan lainnya, terutama warga yang melangsungkan hajatan. Ratusan atau bahkan ribuan butir telur, bisa matang hanya dalam hitungan menit jika direbus di mata air panasbumi ini.

Sayangnya, keberadaan air panasbumi di Penindaian belum dikelola secara maksimal. Padahal, sumber daya alam tersebut amat menjnjikan untuk meningkatkan PAD Lahat dan membuka lahan usaha dan lapangan kerja bagi warga Tanjung Sakti.

Lahat berada di dataran tinggi Semende yang merupakan bagian dari pegunungan ring of fire Bukit Barisan. Di sini ada panasbumi Rantau Dedap yang sebentar lagi akan mengalirkan listrik ke sistem Sumatera Aceh.. Diduga dari titik panasbumi Semende-lah air panas tersebut mengalir.

Selain ke Sungai Penindaian, di Tanjung Sakti air panasbumi keluar pula di wilayah Desa Fajar Bulan, sebelah Desa Penandingan. Sama seperti di Penandingan, di Fajar Bulan pun air panasbumi ini menjadi ojbek wisata yang banyak pengunjung. (es)