Di Air Terjun Semolon, Air Panasbumi Mengalir Melewati 9 Tangga

Di Air Terjun Semolon, Air Panasbumi Mengalir Melewati 9 Tangga

Air terjun Semolon di Kabupaten Malinau, Kalimantan Utara

PABUMNews – Alam menganugerahi Kabupaten Malinau, Provinsi Kalimantan Utara, dengan objek wisata panasbumi yang unik dan artistik. Itulah air terjun Semolon. Air panas yang mengalir dan keluar dari perut bumi ini sebagai indikasi bahwa Kabupaten Malinau memiliki potensi energi panasbumi.

Air terjun ini berada di wilayah Kecamatan Mentarang. Jaraknya sekitar 44 km dari Ibu Kota Kota Malinau dengan waktu tempuh sekitar 1,5 hingga 2 jam.

Uniknya, sungai tempat air panasbumi ini mengalir, berbentuk terasering atau bertangga-tangga. Sekilas, tangga-tangga yang asli bikinan alam tersebut merupakan hasil pahatan manusia. Pasalnya, bentuknya tersusun rapi mirip tangga candi yang dibuat oleh nenek moyang kita dulu.

Jumlah tangganya ada 9 dan setiap tangga membentuk kolam.

Jangan bayangkan air tejun Semolon seperti air terjun di tempat lain, di mana air jatuh dari ketinggian. Di Semolon, karena airnya melewati tangga-tangga yang jumlahnya 9 tadi, maka air panas yang jatuh tetap lembut, tak keras atau menghentak.

Sumber air terjun ini mempunyai dua mata air, sebelah kiri air dingin sedangkan sebelah kanan air panas. Warga pun percaya, air panas di Semolon berkhasiat menyembuhkan berbagai penyakit dan meningkatkan stamina. Tak heran jika orang yang berkunjung ke Semolon tak semata-mata untuk wisata, tapi juga melakukan pengobatan alternatif.

Tak hanya berbasah ria menikmati air panas, di Semolon juga pengunjung bisa melukkan arum jeram yang dipandu oleh atlet arung jeram berpengalaman. Bagi anak-anak, di sini pun tersedia arena permainan anak yang dijamin membuat si buah hati bergembiar ria. Kemudian ada sarana outbound, arena bersepeda, dan fasilitas lain.

Di luar sektor wisatanya, pihak Kementerian ESDM pun sempat melakukan survei pendahuluan untuk menyelidiki potensi panasbumi di Semolon. Hasilnya, ternyata Semolon memiliki potensi panasbumi 10 MW. (es)