Dieng dan Pesona D’Qiano Hotspring Waterpark

Dieng dan Pesona D’Qiano Hotspring Waterpark

D’Qiano Hotspring Waterpark Dieng

PABUMNews– Dieng memang penuh pesona. Juli lalu kawasan Dieng pernah diselimuti embun salju. Konon saat itu suhu hanya 5 derajat Celcius. Pihak BMKG bahkan sempat memperkirakan suhu di Dieng akan menyentuh nol derajat Celcius. Bayangkan! Suhu 16 derajat Celcius dinginnya sudah terasa mencubit kulit, apalagi 5 derajat dan 0 derajat.

“Seperti di Eropa suasananya. Dingin dan alam jadi memutih karena ada embun salju,” kata salah seorang wisatawan.

Dieng memang terkenal dingin karena kawasan yang memiliki anugerah energi panasbumi ini berada di ketinggian. Tak heran jika ada yang mengatakan bahwa Dieng adalah cuaca Eropa di Indonesia.

Energi panasbumi Dieng sendiri, dikelola oleh PT Geo Dipa Energi, anak usaha PT. PLN (Persero) dan mampu menerangi ratusan ribu rumah di Jawa dan Bali.

Kini kawasan panasbumi Dieng menjadi objek wisata yang penting di Jawa Tengah. Destinasinya cukup lengkap. Ada kawah, budaya khas Dieng, candi, dan pesona alam yang indah. Panasbumi sendiri menganugerahkan air panas alami di berbagai tempat yang tak pernah sepi pengunjung.

Nah salah satu objek wisata air panas yang menarik dan relatif baru di Dieng adalah D’Qiano Hotspring Waterpark Dieng yang berada di Desa Kepakisan Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara. Objek wisata yang diresmikan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, tahun 2015 lalu ini, disebut sebagai objek wisata air panas paling tinggi di Indonesia.

Jika Anda berkunjung ke D’Qiano Hotspring, suhu dingin akan langsung mendekap tubuh. Sementara ke semua arah terlihat pegunungan menghijau. Pada sore hari, Anda pun akan merasakan sensasi kabut tipis putih transparan.

Kelebihan lainnya, air di D’Qiano Hotspring lumayan lebih panas dari pemandian air panas lainnya, yakni 40 derajat Celcius. Oleh karena itu, di tengah hawa dingin yang mencubit, berendam di air panas D’Qiano memiliki sensasi luar biasa.

Keberadaan D’Qiano Hotspring pun menyuguhkan pemandangan moderen di tengah pesona alami Dieng. Di kompleks ini ada ember tumpah, seluncuran air, perosotan, air mancur, dan kolam arus. Dengan membayar tiket Rp 20.000 untuk dewasa dan Rp 15.000 untuk anak-anak, Anda dan keluarga bisa menikmati fasilitas-fasilitas itu.

Bagi Anda yang ingin menginap, pengelola juga menyediakan kamar penginapan yang cukup terjangkau dengan isi dompet Anda.

Pada saat-saat tertentu, pengelola dengan dengan dukungan Pemerintah Daerah setempat, kerap pula menggelar event-event menarik di sini, di antaranya kegiatan potong rambut Gembel dan Jazz di Atas Awan.

Anda penasaran? (es)