Dilimpahi Air Panas Bumi, Objek Wisata Guci Tetap Jadi Pilihan Liburan Natal dan Tahun Baru

Dilimpahi Air Panas Bumi, Objek Wisata Guci Tetap Jadi Pilihan Liburan Natal dan Tahun Baru

Pintu masuk ke Taman Wisata Guci. (*)

PABUMNews – Objek wisata Guci, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, masih menjadi tempat favorit masyarakat untuk liburan. Contohnya, menjelang liburan Natal dan Tahun Baru 2021 sekarang ini, sejumlah kamar di hotel dan penginapan di kawasan yang dilimpahi air panas bumi itu, telah banyak dibooking.

Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Guci, Ahmad Abdul Khasib, mengatakan, tamu yang memesan kamar di hotel dan penginapan menjelang Natal dan Tahun Baru tersebut kebanyakan dari luar Tegal.

“Kebanyakan dari kota-kota besar,” katanya kepada wartawan, Kamis (17/12/2020).

Ahmad Abdul Khasib mengakui kalau Guci memang masih menjadi pilihan warga sebagai tempat untuk menghabiskan waktu liburannya .

“Pada har-hari libur, pengunjung yang datang ke Guci lumayan banyak, meskipun tak sebanyak saat sebelum pandemi Covid-19,” paparnya.

Kendati demikian, tegas Ahmad, sesuai anjuran pihak Pemkab Tegal dan Tim Covid-19, pada liburan Natal dan Tahun Baru 2021 ini, pihaknya dan pengelola wisata Guci hanya membatasi jumlah pengunjung sampai 3.000 orang.

“Kami batasi hingga 3.000 orang untuk mencegah penularan Covid-19,” paparnya.

Selain bisa berendam, di pemandian air panas Guci Anda pun bisa merasakan sensasi guyuran air panas bumi dari pancuran. (*)

Objek wisata Guci memang menggoda. Berhawa sejuk, suguhan pemandangan alam berlatar pegunungan, beragam pemandian air panas alami, ditambah lagi prasarana jalan yang bagus, menjadikan Guci tak pernah sepi pengunjung.

Seperti diketahui, untuk mencegah penularan Covid-19, objek wisata ini sempat ditutup. Kemudian pada Juli 2020 lalu, Guci kembali dibuka dengan menerapkan protokol kesehatan cukup ketat.

Setiap pengunjung yang masuk diwajibkan mengenakan masker, di setiap tempat pun bertebaran tempat cuci tangan. Selain itu, setap pengunjung pun harus melewati pengukur suhu. Mereka yang suhunya melebihi 37,6 derajat maka tidak diperkenankan masuk.

Objek wisata Guci terletak di kaki Gunung Slamet yang mengandung energi panas bumi. Panas bumi di gunung ini telah mendorong Guci menjadi salah satu tempat wisata terpopuler di Tegal dengan air panas alaminya.

Di Guci terdapat puluhan tempat pemandian air panas bumi dengan beragam fasilitas, baik yang terbuka maupun tertutup. Selain itu ada pula tempat bermain anak dengan beragam fasilitas.

Bagi Anda yang ingin menginap dan membawa anggota keluarga, di sini tak hanya tersedia hotel dan penginapan, melainkan juga vila. Soal tarif, bisa dipilih sesuai selera, dan isi kantong tentu. (es)