DPR Apresiasi Terobosan BPPT dalam Teknologi Rancang Bangun Pembangkit Panasbumi

DPR Apresiasi Terobosan BPPT dalam Teknologi Rancang Bangun Pembangkit Panasbumi

PABUMNews-Keberhasilan Badan Pengkajian Penerapan Teknologi (BPPT) dalam rancang bangun teknologi panasbumi mendapat apresiasi dari anggota DPR RI, Kurtubi.

Politisi Partai Nasdem yang juga dikenal sebagai pengamat energi itu menyatakan, DPR mendukung penuh upaya-upaya yang dilakukan berbagai pihak, termasuk BPPT, dalam menciptakan terobosan-terobosan pengembangan panas bumi.

“Terobosan-terobosan memang harus dilakukan agar tercipta teknologi yang tepat dan efisien tentang panasbumi. Kami mendukung penuh upaya-upaya BPPT,” kata anggota Komisi VII DPR RI itu di Jakarta, Senin (29/1/2018)

Menurut Kurtubi, energi baru terbarukan (EBT) termasuk energi panasbumi ke depan akan menjadi prioritas demgan pertimbangan berbagai keunggulan yang dimilikinya. Oleh karena itu, Indonesia harus terus berupaya mencari solusi dalam pengembangan energi bersih ini.

“Apalagi konsumsi listrik Indonesia pada masa mendatang akan mengalami lonjakan dan lonjakan itu salah satunya harus dipenuhi oleh EBT,” ungkapnya.

Seperti diketahui, untuk mendukung program prioritas nasional dalam bidang kelistrikan, BPPT berhasil menciptakan inovasi teknologi rancang bangun Pembangkit Listrik Panas Bumi (PLTP) skala kecil.

Dalam skala nasional hasil inovasi teknologi PLTP ini dapat mengganti hingga total 300 Mega Watt (MW) PLTD, utamanya PLTD yang terletak di beberapa propinsi di bagian Indonesia Timur.

Inovasi ini dikembangkan dengan menggunakan konsep teknologi Condensing Turbine dan Binary Cycle dengan memanfaatkan komponen dalam negeri secara maksimal.

Dengan adanya inovasi ini, bahan bakar minyak (BBM) yang biasa dipakai dalam PLTD pun akan mampu dihemat. Bahkan potensi penghematannya bisa mencapai Rp 1 triliun per tahun, sesuai dengan nilai yang dikeluarkan pemerintah untuk membeli BBM bagi PLTD.

Saat ini BPPT telah berhasil membangun pilot plant PLTP kapasitas 3 MW tipe Condensing Turbine di lapangan panasbumi Kamojang, Garut, dan PLTP 50 Kilo Watt (KW) tipe Binary Cycle di lapangan Lahendong, Sulawesi Utara, yang berfungsi sebagai percobaan dan percontohan PLTP Skala Kecil. (es)