Infrastruktur Capai 99%, PLTP Lumut Balai Diharapkan Beroperasi Juli

Infrastruktur Capai 99%, PLTP Lumut Balai Diharapkan Beroperasi Juli

Instalasi PLTP Lumut Balai (sumber foto: ThinkGeoEnergy)

PABUMNews- Proyek pembangunan infrastruktur pembangkit listrik tenaga panasbumi (PLTP) Lumut Balai Unit I di Muara Enim, Sumatera Selatan, telah mencapai 99% dan tinggal menunggu fase uji coba atau commissioning.

Melihat perkembangannya, Direktur Pertamina Geothermal Energi, Ali Mundakir mengaku optimis PLTP Lumut Balai dapat beroperasi komersial pada Juli 2019.

“Jadi mudah-mudahan pertengahan Juni sudah mulai commissioning dan akhir Juli bisa beroperasi,” katanya, belum lama ini seperti dirilis Bisnis, Senin (20 Mei 2019).

Sebenernya, PLTP Lumut Balai Unit I ditargetkan beroperasi tahun 2018 lalu, kemudian pada tahun 2019 ini targetnya mengoperasikan Unit 2 dengan kapasitas 55 MW juga. Namun karena kendala teknis, target pengoperasian Lumut Balai Unit 1 mundur ke tahun 2019.

Menurut Ali, mundurnya realisasi operasi PLTP Lumut Balai I lantaran kondisi geografis lokasi pembangkitan yang cukup sulit.

“Ini mengakibatkan pembangunan konstruksi dilakukan lebih lama. Dengan kondisi geogafis tersebut, PLTP Lumut Balai Unit I setidaknya berada di ketinggian 1.600 meter di atas permukaan laut,” kata Ali.

Terkait Lumut Balai Unit II, Ali mengatakan, sumur dan uap panasbuminya telah siap tinggal melakukan tender untuk pengerjaan rekayasa, pengadaan, dan konstruksi (engineering, procurement, construction/EPC).

Jika target Juli tercapai, maka kapasitas terpasang yang dikelola PT PGE pun akan bertambah tahun ini dari 617 MW menjadi 672 MW. (es)