Inilah Protokol Kesehatan di Pemandian Air Panas Bumi di Solok Selatan Sumbar

Inilah Protokol Kesehatan di Pemandian Air Panas Bumi di Solok Selatan Sumbar

Hot Water Boom di Solok Selatan selalu dipadati pengunjung sebelum pandemi Covid-19. (Foto: Antara)

PABUMNews – Semua objek wisata di Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat, telah dibuka kembali sejak Juni lalu.

Alhasil, meski belum normal sepenuhnya, kini sektor wisata di Solok Selatan kembali bergeliat setelah ditutup sejak Maret lalu terkait pandemi Covid-19.

Pembukaan dilakukan juga terhadap objek wisata pemandian air panas. Namun khusus untuk wisata pemandian, Pemkab Solok Selatan mensyaratan sejumlah aturan tambahan baik untuk pengelola maupun pengunjung untuk mencegah penyebaran virus corona.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, Kabupaten Solok Selatan, Harry Trisna mengatakan, aturan tersebut harus ditaati oleh semua pihak untuk menghindari Covid-19.

“Kita harus selalu waspada agar terhindar dari pandemi,” ujarnya Juni 2020 lalu.

Khusus untuk pengelola objek wisata air panas, terutama pemandian umum, Pemkab Solok Selatan mensyaratkan agar suhu air harus terus terjaga minimal 36 derajat celsius agar virus tak bisa berkembang dan mati. Jika airnya di bawah angka tersebut, maka pengelola wajib menebarkan klorin dengan kadar tertentu.

“Dari hasil kajian ahli mikrobiologi Universitas Andalas, virus masih bisa berkembang dalam air dingin selama satu jam, sehingga harus ditaburi klorin,” kata Harry.

Persyaratan lainnya, lanjutnya, pengelola kolam renang dan pemandian air panas juga harus memastikan pengunjung menjaga jarak satu sama lain. Sebab itu, kapasitas taman wisata air dan pemandian air panas juga harus dikurangi hingga separuh dari daya tampung biasa.

“Pengelola pun harus memastikan agar pengunjung yang berenang tak buang air kecil dan meludah sembarangan, apalagi buang air dan meludah di air. Kemudian waktu operasional dibatasi hanya dari pukul 08.00 sampai 16.30. Dan semua petugas maupun pengunjung harus diukur suhu tubuhnya sebelum masuk,” ujarnya.

Khusus bagi wisatawan luar daerah, melampirkan hasil tes cepat atau tes usap sebelum masuk ke destinasi wisata.

Pemandian air panas di daerah Solok Selatan tersebar di banyak tempat. Objek wisata air panas terbesar adalah Hot Waterboom Sapan Maluluang di Padang Aro. Inilah objek wisata favorit warga. (es)