ITB Gelar Workshop Geothermal Internasional 2020 pada Maret – April

ITB Gelar Workshop Geothermal Internasional 2020 pada Maret – April

PABUMNews – Akhir Maret hingga awal April 2020 akan ada peristiwa penting dalam upaya pengembangan teknologi pemanfaatan energi panasbumi. Peristiwa itu adalah digelarnya Workshop Geothermal Internasional ITB 2020 di kampus ITB, Jawa Barat yang akan menghadirkan para pakar dan praktisi panasbumi nasional dan internasional.

Dikutip dari laman geothermal.itb.ac.id, kegiatan Workshop Geothermal Internasional ITB 2020 terbagi menjadi pra-workshop yang akan dilaksanakan tanggal 30-31 Maret 2020 dan workshop tanggal 1-2 April 2020.

Kegiatan yang digelar oleh Program Magister Geothermal ITB tersebut sebagai kontribusi terhadap pengembangan panasbumi di seluruh dunia khususnya Indonesia.

Rangkaian kegiatan pra-workshop di antaranya akan ada presentasi dari pakar eksplorasi geothermal, Andrew McMahon, yang akan memperkenalkan tentang Leapfrog Geothermal.

Leapfrog Geothermal adalah pemodelan geologi 3D yang yang bisa memperjelas pengangkapan data mengenai siklus dan dinamika panasbumi. Dengan pemodelan ini maka resiko kegagalan pada tahapan eksplorasi dan operasi lapangan bisa dikurangi.

Sementara rangkaian kegiatan workshop, di antaranya menghadirkan pembicara Dirjen EBTKE Kementerian ESDM FX Sutijastoto, Ketua API Prijandaru Effendi, pembicara dari Bank Dunia, Ormat, Star Energy Darajat, Pertamina Geothermal Energi dan sebagainya.

Workshop juga akan melaksanakan kegiatan Field Camp dan Field Trip. Dalam kegiatan Field Camp para peserta akan dikenalkan pada kegiatan tahapan eksplorasi pengembangan panasbumi langsung di lapangan, di antaranya eksplorasi panasbumi Tangkuban Parahu.

Sementara dalam kegiatan Field Trip, peserta akan diperkenalkan langsung dengan sumber daya panasbumi dan pemanfaatannya dengan mengunjungi Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi Darajat. (es)