Kebutuhan Listrik Daerah Penghasil Harus Menjadi Prioritas Program Elektrifikasi

Kebutuhan Listrik Daerah Penghasil Harus Menjadi Prioritas Program Elektrifikasi

Anggota Komisi VII DPR RI, Dony Maryadi Oekon

PABUMNews-Anggota Komisi VII DPR RI Dony Maryadi Oekon meminta agar pemerintah memprioritaskan masyarakat daerah penghasil energi listrik dalam program elektrifikasi.

Hal itu dikatakan Dony terkait masih banyaknya masyarakat di daerah penghasil energi panasbumi yang hingga kini masih belum teraliri listrik.

Politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) itu mencontohkan Garut. Potensi energi listrik panasbumi di Kabupaten Garut, katanya, masih belum dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Garut sekitarnya.

“Saya di DPR RI sudah beberapa kali melaporkan dan membahas tentang potensi energi listrik di daerah yang harus memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar,” kata Dony kepada wartawan, Minggu (4/2/2018).

Ia menuturkan, Garut merupakan salah satu daerah penghasil panasbumi yang cukup besar dalam energi listrik dan menjadi pemasok terbesar untuk kebutuhan listrik Jawa- Bali.

Namun Dony menilai sebagian besar masyarakat Garut hingga kini belum merasakan keberadaan pengusahaan panasbumi di daerah sendirinya. Yang lebih memprihatinkan, masih ada beberapa daerah di Kabupaten Garut yang hingga kini belum teraliri listrik.

“Ini sebuah ironi pembangunan. Masa di daerah penghasil energi listrik terbesar masih ada warga yang tak teraliri listrik karena energinya disalurkan ke daerah luar,” ungkapnya.

Dony berharap, listrik yang dihasilkan di Garut dapat memenuhi kebutuhan listrik masyarakat Garut terlebih dahulu sebelum dialirkan ke daerah lain.

“Ini menjadi tugas pemerintah pusat maupun daerah, sekaligus perusahan milik negara, agar warga daerah penghasil menjadi prioritas,” katanya. (es)