Kementerian ESDM Survei Panas Bumi Bittuang Sulawesi Selatan

Kementerian ESDM Survei Panas Bumi Bittuang Sulawesi Selatan

Sekelompok mahasiswa melakukan survei aliran air panas bumi sebuah sungai di Bittuang, Sulawesi Selatan. (*)

PABUMNews- Sumber daya panas bumi di Bituang, Kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Selatan (Sulsel), kini dalam tahap survei pendahuluan lanjutan pihak Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM).

“Kementerian ESDM melakukan survei lebih lanjut dalam rangka mengetahui potensi panas bumi di Bituang, Tator,” kata Kepala Bidang Energi Baru Terbarukan dan Kelistrikan, Dinas Sumber Daya Energi Mineral (ESDM) Sulsel Achmad Habib pada seminar virtual tentang Pengembangan Energi Terbarukan di Sulsel, Kamis (23/7/2020).

Dia mengatakan,potensi panas bumi di Tana Toraja selain terdapat di Bituang juga di Sangala yang juga merupakan daerah kawasan wisata. Kedua lokasi ini adalah bagian dari 14 titik lokasi potensi panas bumi yang tersebar di Sulsel.

Bittuang merupakan nama kecamatan di Tana Toraja. Di sini ada gunung api bernama Karua yang pernah meletus jauh di masa lalu. Letusannya meninggalkan kaldera di puncak Karua.

Salah satu manifestasi panas bumi Bittuang adalah adanya aliran air panas yang diduga berasal dari gunung api Karua. Air panas bumi ini muncul di antaranya di Lembang Balla yang kini menjadi objek wisata bagi warga.

Achmad Habib mengatakan, panas bumi Bittuang merupakan bagian dari 14 titik potensi panas bumi di Sulsel yang harus dimanfaatkan untuk kemandirian energi Sulsel khususnya dan nasional umumnya.

Saat Syahrul Yasin Limpo menjadi Gubernur Sulsel, ia sempat menyatakan pihaknya membuka diri terhadap investasi untuk sektor kelistrikan dari panas bumi. Pihaknya pun siap memberikan kemudahan dalam hal perizinan.

“Silahkan menanamkan modalnya di sini, kami tentu memberikan support dan konsisten karena ini untuk kepentingan masyarakat,” tandas Syahrul saat itu.

Sementara itu, berdasarkan data Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral ESDM Sulsel, terdapat selain Bittuang, ada empat daerah di Sulsel yang sangat berpotensi menghasilkan energi panas bumi yaitu Bantaeng, Bulukumba, Gowa, dan Sinjai.

Keempatnya pun sudah menjadi objek penelitian beberapa investor yang tertarik. (es)