KS Orka Kembangkan Panasbumi Simbolon-Samosir Sumatera Utara

KS Orka Kembangkan Panasbumi Simbolon-Samosir Sumatera Utara

PABUMNews-Perusahaan pembangkit listrik Tiongkok, Kaishan, melalui perusahaan induk KS Orka, menandatangani perjanjian kerjasama dengan PT. Optima Nusantara Energi untuk mengembangkan proyek pembangkit listrik tenaga panasbumi Simbolan-Samosir di Sumatera Utara.

Maret bulan lalu, Kaishan, lewat anak usahanya, Sokoria Geothermal Singapore Pte. Ltd, , menyatakan telah menandatangani “Perjanjian Pemegang Saham Proyek Geothermal Simbolon-Samosir” dengan PT Optima Nusantara Energi untuk mengembangkan proyek panasbumi secara bersama-sama.

Kedua perusahaan itu sepakat untuk membentuk badan usaha khusus PT Samosir Geothermal Power   untuk bersama-sama mengembangkan proyek panasbumi Simbolon-Samosir.

Kerjasama tersebut mencakup eksploitasi dan pengembangan sumber daya panasbumi; desain, rekayasa, pengadaan, pembiayaan, pembangunan, pengujian, pengelolaan dan pengoperasian, serta penjualan listrik kepada PLN berdasarkan PPA dan PPN.

Dalam keterangannya pihak Kaishan menyebutkan, proyek panasbumi Simbolon-Samosir adalah proyek panasbumi ketiga di Indonesia. Dengan proyek tersebut maka cadangan sumber daya panasbumi milik perusahaan semakin meningkat.

“Perusahaan akan terus meningkatkan kepemilikan cadangan sumber daya panasbumi berkualitas tinggi sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan, dan meletakkan dasar yang kuat bagi pengembangan yang berkelanjutan perusahaan, transformasi ke pembangkit listrik tenaga panasbumi dan operator energi terbarukan lainnya dan penyedia peralatan pembangkit tenaga panasbumi,” tulis pihak Kaishan seperti dirilis thinkgeoenergy.

Kaishan, merupakan perusahaan penyedia teknologi pembangkit tenaga listrik. Perusahaan ini cukup progresif dalam memasuki sektor panasbumi. Sejumlah proyeknya ada di benua Eropa, di antaranya di Hungaria. (es)