Larderello, Pembangkit Panasbumi Pertama di Dunia

Larderello, Pembangkit Panasbumi Pertama di Dunia

Kompleks PLTP Larderello (Foto: Wikipedia)

PABUMNews – Italia merupakan negara pertama yang bisa mengubah energi panasbumi menjadi energi listrik. Pembangkit panasbumi pertama di negara ini didirikan di lapangan panasbumi Larderello, Tuscany.

Dibangun pada tahun 1912 , dua tahun kemudian, tepatnya 1914, PLTP Larderello Unit I beroperasi. Listrik dari PLTP pertama di dunia ini, saat awal berdiri, menerangi dua kota di sekitar Larderello.

Hingga kini PLTP Larderello masih beroperasi. Dikutip dari paolocagnacci.it, PLTP yang sudah berumur 105 tahun ini kini menyuplai 26 persen kebutuhan energi listrik Italia. Paolocagnacci.it juga mengungkapkan, kebutuhan listrik untuk sekitar 2 juta keluarga Italia disuplai dari PLTP ini. Selain itu panasbumi Larderello pun memanaskan lebih dari 8.700 rumah dan perusahaan komersial serta 25 hektar rumah kaca.

Larderello sendiri berasal dari nama seorang warga Prancis bernama Francois de Larderel yang mengungsi ke daerah itu.

Larderel ternyata seorang yang jenius. Melihat tempat barunya memiliki energi panasbumi yang melimpah, ia kemudian mendirikan industri penambangan borat (bahan baku kaca dan farmasi). Energi uap panasbumi ia gunakan sebagai boiler dan tekanannya sebagai mesin sentrifuge untuk pengering garam borat.

Teknologi baru tersebut membuat eksploitasi borat menjadi lebih cepat dan efisien sehingga namanya kemudian terkenal. Untuk mengenang jasanya, maka nama Larderel diabadikan menjadi nama tempat tersebut oleh warga Itali. Maka jadilah kawasan panasbumi di Tuscany itu bernama Larderello.

Melihat keberhasilan Larderel memanfaatan uap panasbumi, rupanya menginspirasi Pangeran Piero Ginori Conti untuk membuat energi listrik. Tahun 1904, Conti berhasil menyalakan 5 buah bohlam menggunakan generator ¾ HP yang digerakkan oleh uap panasbumi Larderello.
Pengembangan demi pengembangan terus dilakukan sehingga pada 1912 dibangunlah PLTP Larderello Unit I yang berhasil mengalirkan listrik ke dua kota. (es)