Maret 2020, Medco Bor Sumur Eksplorasi di WKP Blawan-Ijen

Maret 2020, Medco Bor Sumur Eksplorasi di WKP Blawan-Ijen

PABUMNews – Medco Power Indonesia lewat anak usahanya Medco Cahaya Geothermal kini bersiap melakukan pemboran sumur eksplorasi di wilayah kerja panasbumi (WKP) Blawan-Ijen, Jawa Timur. Pemboran akan dilakukan Maret 2020 dan ditargetkan rampung pada kwartal III 2020.

Corporate Secretary and Head of Legal Medco Energi Ibnu Nurzaman mengatakan, Medco kini memang fokus pada pengembangan energi baru terbarukan yang bersih.

“Kita fokus di clean and renewable energy,” kata Ibnu, Minggu (9/2/2020).

Energi panasbumi di Blawan Ijen akan dikembangkan sebesar 110 MW dan ditargetkan COD 2024. WKP Blawan Ijen mencakup Kabupaten Bondowoso, Kabupaten Banyuwangi, dan Kabupaten Situbondo.

Pemanfaatan panasbumi di WKP Blawan-Ijen dilakukan Medco bekerjasama dengan mitranya di PLTP Sarulla, yakni Ormat Geothermal.

Untuk kepentingan ini, Medco Power telah menjual 49 persen sahamnya di Medco Cahaya Energy kepada Ormat.

Isaac Angel, Chief Executive Officer perusahaan induk Grup Ormat mengakui hal itu. Ia mengatakan, pihaknya telah membangun kerja sama dengan Medco dalam proyek panasbumi Sarulla di Sumatera Utara. Kerjasama ini berlanjut dalam pengembangan panasbumi Ijen.

Dalam proyek panasbumi Blawa Ijen, Ormat akan memasok pendanaan dan berbagai peralatan yang dibutuhkan, sementara Medco akan mengoperasikan dan mengelola pembangkitnya.

Diketahui pula, PLTP Sarulla hasil kerjasama Medco dan Ormat, merupakan PLTP terbesar di Indonesia, bahkan ada yang menyebut juga sebagai PLTP terbesar di dunia. (es)