Masyarakat Solok Selatan Kini Miliki Gelora Energy, Hibah dari Perusahaan Panas Bumi

Masyarakat Solok Selatan Kini Miliki Gelora Energy, Hibah dari Perusahaan Panas Bumi

Pihak manajemen PT SEML menyerahkan kunci Gelora Energy kepada pihak Pemkab Solok Selatan, Sumatera Barat. (*)

PABUMNews – Masyarakat Solok Selatan (Solsel), Sumatera Barat, kini memiliki gelanggang olahraga yang dibanggakan. Luasnya lebih dari 8 ha dan dibangun dengan anggaran sekitar Rp 30 miliar.

Gelanggang olahraga yang megah ini merupakan hibah dari perusahaan panas bumi setempat yaitu PT Supreme Energy Muara Laboh (SEML) yang megoperasikan PLTP Muara Laboh. Yang lebih membanggakan lagi, di gelanggang tersebut terdapat lapangan sepakbola dengan hamparan rumput standar FIFA.

Nama gelanggang tersebut adalah Gelora Energy Solsel. Letaknya di Pekonina, Kecamatan Pauh Duo. Dari mulai pengadaan tanah hingga pembangunan sarana dan prasarana, dilakukan langsung oleh PT SEML. Artinya, masyarakat Solok Selatan tinggal memanfaatkan dan memeliharanya.

Fasilitas Gelora Energy Solsel terdiri dari lapangan sepakbola dan lapangan atletik di ruang terbuka dan arena tertutup seluas 34 x 24 meter. Gelanggang ini diserahkan secara resmi oleh PT SEML kepada Pemkab Solsel pada Senin(5/10/2020).

Upacara serah terima yang dilaksanakan secara virtual dihadiri oleh Pjs. Bupati Solok Selatan beserta jajarannya, Ketua DPRD Solok Selatan, Kapolres Solok Selatan, Kepala Kejaksaan Negeri Solok Selatan, Tokoh Adat dan Masyarakat, Koni Solsel, Para wali nagari, Insan Pers, Jajaran Manajemen PT SEML dan undangan lainnya.

Site Support Manager PT. SEML Yulnofrin Napilus menyebutkan, GOR ini dibangun sebagai ucapan terima kasih atas dukungan yang dberikan oleh Pemda dan masyarakat Solok Selatan terhadap suksesnya pembangunan PLTP Muara Laboh.

“Sesuai pesan dari Founder dan Chairman Supreme Energy, Supramu Santosa, GOR tersebut diberi nama Gelora Energy. Hal ini dimaksudkan untuk membangkitkan energi terutama para atlet dan masyarakat Solok Selatan dalam membangun keolahragaan di daerah ini,” ungkapnya awal Oktober 2020 lalu.

Yulnofrin menambahkan, salah satu fasilitas yang ada di Gelora Energy adalah lapangan sepakbola. Lapangan ini menggunakan jenis rumput terbaik standar organisasi sepakbola internasional FIFA.

“Semoga ini bisa dimanfaatkan untuk pengembangan olahraga sepakbola di Solok selatan dan olahraga lainnya,” jelasnya.

Menurut Yulnofrin, biaya perawatan fasiltas Gelora Energy Solsel menghabiskan dana sekitar Rp 1 miliar per tahun.

“Desember 2020 ini biaya perawatan masih menjadi tanggungan PT SEML. Selanjutnya tentu akan menjadi tanggungan Pemerintah Daerah,” ujarnya.

Plt. Bupati Solsel Jasman Rizal menyampaikan terima kasih atas pembangunan GOR Gelora Energy. Ia pun menyatakan, PT. SEML sebagai perusahaan yang mempelopori berdirinya pembangkit listrik tenaga panas bumi di Sumbar, telah memberikan kontribusi yang sangat besar bagi pembangunan daerah dan perekonomian di Solok Selatan khususnya. (es)