Panasbumi Sibayak, Anugerahi Sidebuk-debuk dengan Air Panas Alami

Panasbumi Sibayak, Anugerahi Sidebuk-debuk dengan Air Panas Alami

Salah satu kolam  di Pemandian Pariban, Sibayak, Kabupaten Karo. (Sumber foto: medanwisata.com)

PABUMNews – Panasbumi Sibayak di Kabupaten Karo, Provinsi Sumatera Utara, mengalirkan air panas alaminya ke sejumlah tempat, di antaranya ke Desa Sidebuk-debuk, Kecamatan Merdeka. Bagi Sidebuk-debuk, air panasbumi ini menjadi anugerah tersendiri sehingga sektor wisata di sini menggeliat.

Di desa yang terletak di kaki Gunung Sibayak ini, terdapat belasan pemandian air panas. Salah satunya, adalah Pemandian Air Panas Pariban. Letaknya agak di ujung. Di sini ada beberapa kolam pemandian dengan tingkat suhu air yang berbeda-beda. Ada yang sangat panas, panas dan agak panas. Pengunjung tinggal memilih kolam mana yang sesuai selera.

Pihak pengelola sengaja menghadirkan air panas dengan tingkat suhu yang berbeda agar sedikit unik.

Air panas di pemandian Pariban yang berasal dari Gunung Sibayak, dialirkan melalui pipa dan kemudian ditampung di kompleks pemandian ini. Mengenai tingkat suhu yang berbeda-beda di masing-masing kolam, konon ini karena pengaruh ukuran pipa. Air yang dialirkan melalui pipa yang kecil akan lebih dingin ketimbang air yang dialirkan dengan pipa yang besar.

Tiket masuk ke pemandian Pariban Rp 10.000 per orang. Di sini pun tersedia pondok-pondok agar pengunjung bisa duduk, meletakan barang bawaan dan sebagainya. Nah harga sewa pondok ini antara Rp 50.000 hingga Rp 100.000.

Karena berasal dari sumber panasbumi vulkanik, maka air panas di pemandian Pariban menebarkan aroma belerang. Nah ini juga menjadi salah satu daya tarik pemandian tersebut. Banyak orang percaya, air yang mengandung belerang bisa menjadi pengobatan alternatif. Oleh karena itu, jangan heran jika ke Pariban atau pemandian lainnya di Sidebuk-debuk, banyak pengunjung yang tak sekedar piknik, tapi juga melakukan pengobatan.

“Mereka yang memiliki penyakit kulit, rematik, dan sebagainya, bisa berendam di sini. Air panas Sidebuk-debuk manjur untuk pengbatan,” kata Jonson Ginting, salah seorang warga Sidebuk-Debuk.

Komplek pemandian Pariban tampak agak menonjol dari pemandian lainnya yang ada di Sidebuk-debuk. Lebih luas dan lebih megah. Pemandian ini ditata sedemikian rupa sehingga memiliki fasilitas lengkap yang memanjakan pengunjung. Di sini ada rumah makan, mushala, toilet, dan hotel.

Uniknya lagi, selain menyediakan pemandian air panas, pihak pengelola pun menyediakan pemandian air dingin yang dipadukan dengan tempat bermain. Kolam air dingin ini dilengkapi dengan waterboom dan perosotan atau seluncuran. Bisa dipastikan, kolam inilah yang paling seru dari kolam lainnya, soalnya selalu diserbu anak-anak.

Unsur yang menarik lainnya di Pariban adalah keberadaan kolam ikan mas di tengah kolam-kolam pemandian. Kemudian, di tengah kolam ikan mas, dibangun pula pelataran semacam taman dengan puluhan kelinci yang berkeliaran.

Suasana alam Desa Sidebuk-Debuk juga, secara keseluruhan, cukup menarik. Sebagaimana daerah yang berada di kaki gunung, hawa di desa ini sangat sejuk. Di sepanjang perjalanan ke Sidebuk-debuk, Anda pun akan disuguhi perkebunan sayur milik warga. Diketahui, sayur merupakan komoditas penting bagi Sidebuk-debuk selain air panasbumi. (es)