Pemandian Air Panas Ciawi, Penawar Penat Jalur Bandung-Tasik

Pemandian Air Panas Ciawi, Penawar Penat Jalur Bandung-Tasik

PABUMNews-Menempuh jalur Bandung-Tasikmalaya membawa kendaraan pribadi terkadang melelahkan akibat jebakan macet di sejumlah titik. Biasanya kemacetan terjadi di Nagreg, kemudian di Pasar Limbangan, Bandrek, Malangbong dan Pertigaan Pamoyanan.

Namun kini kelelahan dan kepenatan akibat menempuh perjalanan Bandung-Tasikmalaya bisa diminimalisir karena ada sejumlah objek wisata di jalur tersebut. Di antaranya pemandian air panas Pamoyanan, Kabupaten Tasikmalaya, yang lebih terkenal dengan sebutan pemandian air panas Ciawi.

Aneh memang, letak sebenarnya pemandian ini berada di Pamoyanan, jarak ke Ciawi antara 2 hingga 2,5 km lagi ke arah Timur. Namun entah mengapa malah dikenal dengan nama pemandian air panas Ciawi, bukan Pamoyanan.
Nah terlepas dari nama, pemandian itu kini tertata apik dengan sejumlah fasilitas yang cukup baik pula. Anda bisa berisitirahat memanjakan tubuh di air panas barang sejenak. Toh berendam di air panas alami menyehatkan bukan?

Air panas yang mengalir ke Pamoyanan dan kemudian dijadikan tempat pemandian ini, diperkirakan berasal dari Gunung Karaha yang ada di sebelah Selatan Pamoyanan. Seperti diketahui, di Gunung Karaha kini berdiri pembangkit listrik tenaga panasbumi yang dikelola Pertamina Geothermal Energy (PGE). Dari panasbumi di gunung inilah kemungkinan air panas tersebut.

Pada hari-hari libur, pemandian ini akan padat pengunjung, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Dan seperti juga air panas alami lainnya, air panas Pamoyanan pun dipercaya juga bisa menyembuhkan berbagai penyakit. Oleh karena itu banyak juga pengunjung ke pemandian ini yang tujuannnya hendak berobat, di antaranya yang menderita rematik, asma, gatal-gatal dan sebagainya.

Fasilitas di pemandian ini cukup lengkap. Ada kamar bilas untuk memebrsihkan badan sehabis berenadam. Nah di kamar bilas ini, selain tersedia air panas juga tersedia air dingin. Anda tinggal memilih sesuai selera.

Di sini pun ada kolam pemdnian utama yang terbuka. Cukup lebar dan bisa digunakan mand bersama-sama. Kemudian ada lagi enam kamar pemandian tertutup yang bsia digunakan oleh keluarga.

Bagaimana dengan area parkir?

Jangan khawatir, area parkir di pemandian cukup luas dan dijamin kendaraan Anda aman.
Selain area parkir yang luas, di sini tersedia mushala, kamar mandi, penginapan, dan tempat makan. Meskipun penginapannya sederhana, namun dijamin bersih. Anda yang kemalaman di jalan, bisa menginap di tempat ini. Selain tarifnya murah juga fasilitasnya lumayan. (es)