Perusahaan Panas Bumi PGE Gelar Pelatihan IT untuk Pelajar

Perusahaan Panas Bumi PGE Gelar Pelatihan IT untuk Pelajar

Kompleks pembangkit listrik tenaga panas bumi (PLTP) Karaha, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat. (*)

PABUMNews – PT Pertamina Geothermal Energi Area Karaha di Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, menggelar pelatihan IT untuk para pelajar SMA, Sabtu (25/7/2020). Pelatihan bertujuan agar para siswa SMA tetap kreatif dan produktif dalam memanfaatkan IT dan media sosial dalam masa adaptasi kebiasaan baru (AKB) wabah COVID-19.

Kegiatan pelatihan tersebut dilakukan seara daring dan tatap muka terbatas. Pada pelaksanaannya, ternyata bukan hanya pelajar yang menjadi peserta, tetapi juga dari kalangan masyarakat.

“Ternyata masyarakat umum pun banyak yang tertarik dengan kegiatan ini sehingga mereka menyatakan ikut,” ujar Manajer Pertamina Geothermal Energi Area Karaha, Roy Bandoro Swandaru di sela-sela kegiatan yang digelar di SMK Kadipaten, Kabupaten Tasikmalaya.

Sebagai instruktur, PGE Karaha melibatkan sejumlah jurnalis, di antaranya dari Antara, wartawan televisi dan RRI.

Menurut Roy, pelatihan dilaksanakan dalam program Pertamina Cerdas. Tujuannya agar para siswa dan masyarakat memiliki keterampilan IT dan mampu mengelola media sosial secara bijak sehingga bisa memberi manfaat.

“Khusus untuk kalangan pelajar diharapkan kegiatan ini memberikan ilmu dan pengetahuan sehingga bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari, baik sekarang di masa sekolah, maupun kelak jika sudah lulus,” paparnya.

PGE Karaha memang sangat aktif merangkul warga sekitar dengan berbagai kegiatan. Untuk petani kopi, PGE karaha memberikan pendidikan tentang bagaimana mmebudidayakan kopi dengan baik dan benar selain memberikan bantuan sarana. Sementara untuk warga Cinta yang berada di Kabupaten Garut, PGE Karaha juga memberikan bantuan mengenai cara pengelolaan sampah. Selain itu, perusahaan panas bumi ini mendirikan semacama pondok sebagai tempat kegiatan belajar masyarakat. (es)