Perusahaan Panas Bumi PT SEML Sembelih 6 Ekor Sapi Qurban untuk Warga Sekitar

Perusahaan Panas Bumi PT SEML Sembelih 6 Ekor Sapi Qurban untuk Warga Sekitar

Sebagian daging qurban dari PT SEML, siap didistribusikan kepada masyaakat sekitar perusahaan. (*)

PABUMNews – Perusahaan panas bumi PT Supreme Energy Muara Laboh (PT SEML) menyembelih enam ekor sapi qurban pada Idhul Adha 1441 H/2020 M ini. Penyembelihan dilakukan di areal perusahaan di Kampung Baru Pekonina, Kabupaten Solok Selatan, Sabtu (1/8/2020).

Berat sapi yang disembelih dari 150 kg hingga 300 kg lebih. Daging sapi kemudian didistribusikan kepada warga sekitar perusahaan.

Humas PT SEML, Bujang Joan Dt Panjalai mengatakan, penyembelihan hewan qurban merupakan kegiatan rutin perusahaan setiap Idhul Adha.

“Keenam sapi tersebut, tiga dari Supreme Energy dan tiga lagi dari subkont,” ujarnya.

Sebelumnya, PT SEML juga menyerahkan satu ekor sapi qurban kepada Pemkab Solok Selatan untuk didistribusikan kepada masyarakat.

Menurut Bujang Joan Dt Panjalai, penyerahan hewan qurban kepada pemerintah merupakan bentuk jalinan kemitraan perusahaan dengan pemerintah yang telah mendukung pemanfaatan energi panas bumi di Solok Selatan.

Pemanfaatan panas bumi di Muara Laboh yang dikelola PT SEML memang memberikan banyak keuntungan kepada masyarakat dan pemerintah setempat. Selain energi bersih panas bumi memperkuat kelistrikan di Solok Selatan, pemerintah pun mendapat pemasukan PAD, di antaranya berupa bonus produksi. Sedangkan masyarakat sekitar mendapat keuntungan dari program CSR perusahaan yang diaplikasikan dalam bentuk pembangunan.

Di tengah pandemi Covid-19, PT SEML pun tak diam. Perusahaan yang dinakhodai oleh Supramu Santosa ini menyalurkan sejumlah kebutuhan baik kepada masyarakat maupun kepada lembaga untuk membantu menekan penyebaran virus. Bantuan yang diserahkan tersebut di antaranya alat pelindung diri (APD), alat-alat kesehatan, dan bahkan sembako.

Selain itu, PT SEML pun memiliki andil besar atas berdirinya Gelanggang Olahraga (GOR) Gelora Energy di Pekonina, Kec. Pauh Duo, Solok Selatan. GOR ini diproyeksikan akan menjadi perkampungan atlet dan pusat berbagai aktifitas olahraga di Solok Selatan.

“Dengan berdirinya GOR megah yang dibangun oleh PT. Supreme Energy, Daerah Pekonina nanti bakal menjadi perkampungan atlet serta tempat dilaksanakannya berbagai aktifitas olahraga oleh masyarakat,” ujar Plt. Bupati Solok Selatan, Abdul Rahman pada Juli 2020 lalu. (Has)