PGE Area Kamojang Raih Anugerah PROPER Emas 10 Kali Berturut-turut

PGE Area Kamojang Raih Anugerah PROPER Emas 10 Kali Berturut-turut

PTH Dirut Pertamina Geothermal Energy (PGE) Eko Bramantyo mengangkat Proper Emas 2020 yang diraih perusahaannya. (Dok. PGE)

PABUMNews – Anugerah PROPER Emas 2020 yang diraih Pertamina Geothermal Energy (PGE) Area Kamojang, Jawa Barat, merupakan PROPER Emas yang ke 10 kalinya. Hebatnya lagi, anugerah dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) tersebut diraih PGE secara berturut-turut dari tahun 2011 lalu.

Seperti diberitakan, penyerahan anugerah tertinggi PROPER Emas tersebut disaksikan oleh Wakil Presiden Republik Indonesia Ma’ruf Amin dan dilakukan oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya di Auditorium Manggala Wanabakti, Jakarta Pusat, Senin (14/12/2020).

Dalam sambutannya, Menteri KLHK Siti Nurbaya menyampaikan penilaian PROPER 2020 ini menambahkan kriteria sensitivitas dan daya tanggap perusahaan terhadap kebencanaan dalam aspek pemberdayaan masyarakat.

PTH Direktur Utama PGE Eko Bramantyo mengatakan, PROPER Emas ke-10 berhasil dipertahakan PGE Area Kamojang dengan program CSR unggulan berupa dukungan dalam pengembangan Rangers App.

“Ranger App sebagai bentuk pemberdayaan masyarakat melalui aplikasi ojek online lokal di Kamojang dan upaya mendukung semangat berubah dari anak punk sehingga tidak lagi hidup di jalanan dan bisa hidup mandiri melalui program Wani Robah,” jelas Eko dalam situs PGED yang dilihat Pabumnews, Kamis (17/12/2020).

Sementara dalam penanganan Covid-19, lanjut Eko, PGE mengembangkan program unggulan Sabilulungan Masyarakat Ibun Saling Tolong Menolong yang disingkat dengan SAMBIL SALTO. Program ini merupakan bentuk sinergi antara PGE dengan para mitra binaan dalam penanggulangan Covid-19.

“PGE terus menjadi satu kebanggaan untuk kita, pandemi tidak menghalangi PGE untuk melakukan sesuatu kepada masyarakat, ini merupakan suatu tantangan ke depan dan segala usaha yang dilakukan telah menghantarkan PGE pada capaian proper 10 kali berturut-turut,” tegas Eko.

Ia menambahkan, tidak hanya Emas, PGE juga berhasil meraih 2 buah PROPER Hijau melalui Area Lahendong, Sulawesi Utara dan Ulubelu Lampung sebanyak 4 kali berturut-turut dari tahun 2017. Kemudian PROPER Biru untuk Area Sibayak – Sumatera Utara dan Area Karaha – Jawa Barat.

Anugrah PROPER 2020 merupakan wujud apresiasi dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan kepada perusahaan yang telah menaati peraturan perundangan di bidang pengendalian pencemaran maupun kerusakan lingkungan, serta pengelolaan limbah berbahaya dan beracun, melakukan penerapan praktik terbaik di bidang pengelolaan lingkungan hidup serta secara konsisten berperan dalam pemberdayaan masyarakat.

Eko mengungkapkan, PGE saat ini mengelola 14 Wilayah Kerja Panas Bumi (WKP), dengan kapasitas 1.877 MW. Kapasitas sebesar itu terdiri dari 672 MW yang dioperasikan sendiri oleh PGE dan 1.205 MW dikelola melalui Kontrak Operasi Bersama.

Kapasitas terpasang panas bumi di Wilayah Kerja PGE tersebut, lanjutnya, berkonstribusi sebesar sekitar 88% dari total kapasitas terpasang panas bumi di Indonesia, dengan potensi pengurangan emisi CO2 sebesar sekitar 9,5 juta ton CO2 per tahun. (es)