PGE Area Lumut Balai Kenalkan Panas Bumi ke Siswa SD

PGE Area Lumut Balai Kenalkan Panas Bumi ke Siswa SD

Jajaran PGE Area Lumut Balai berfoto bersama jajaran SDN 128 Ogan Komring Ulu. (Foto Dok. PGE)

PABUMNews – Pertamina Geothermal Energy (PGE), perusahaan panas bumi anak usaha PT Pertamina (Persero), terus berupaya mengenalkan panas bumi ke masyarakat luas, termasuk kepada para siswa sekolah dasar. Tujuannya agar masyarakat, terutama ana-anak usia dini, memiliki pemahaman yang utuh terhadap sumber daya alam panas bumi sebagai sumber energi, berikut kelebihannya dari sumber energi lain.

Kali ini pengenalan sumber daya alam panas bumi dilakukan oleh tim dari PGE Area Lumut Balai, Provinsi Sumatera Selatan. Tim mendatangi para siswa SDN 128 Ogan Komring Ulu, Rabu (18/11/2020) dalam program PGE Goes to Community.

Kegiatan yang dikemas dalam acara belajar dan mengajar ini dilakukan oleh perwakilan Tim Operation, Public Relation dan HSSE PGE yang terdiri dari 8 orang. Sebelumnya tim telah melakukan rapid test untuk memastikan kondisi mereka dalam keadaan sehat dan non-reaktif Covid-19.

Acara yang dilakukan di SDN 128 OKU dihadiri oleh siswa kelas 5 dan kelas 6 sebanyak 92 siswa.

Kepala SDN 128 OKU Yanani, S.Pd. SD, menyatakan kegiatan ini sangat bermanfaat bagi anak didiknya. Dengan kunjungan tersebut, anak didiknya dikenalkan dengan sumber daya alam panas bumi yang ternyata sangat besar manfaatnya bagi kehidupan manusia.

“Terima kasih kepada PGE Area Lumut Balai, kami berharap agar kegiatan ini bermanfaat untuk sekolah dan kegiatan ini dapat dijalankan kembali untuk tahun-tahun berikutnya,” ujar Yanani.

Dalam kunjungannya, tim dari PGE Area Lumut Balai tak hanya menjelaskan apa itu panas bumi dan pembangkit listrik, tapi juga membuka sesi interaktif berupa tanya jawab. Ternyata, rasa keingintahuan para siswa terhadap panas bumi sangat besar, sehingga sesi tanya jawab sangat hidup.

Acara juga ditutup dengan permainan yang sangat menggembirakan anak-anak, apalagi di akhir acara tm PGE Area Lumut Balai membagikan bantuan paket tas sekolah dan buku komik tentang panas bumi.

Pjs. General Manager Lumut Balai, Priatna Budiman, menyatakan mendukung kegiatan yang dilakukan oleh tim PGTC .Ia berharap, kegiatan tersebut bisa lebih mengenalkan panas bumi terhadap masyarakat luas, terutama anak-anak usia dini.

“Semangat dan sukses selalu untuk semua tim, semoga kegiatan ini dapat bermanfaat di tengah situasi pandemi” ujarnya.

Kegiatan ini dilakukan PGE Area Lumut Balai merupakan yang ke sekian kalinya. Tahun 2018 lalu, misalnya, PGE Area Lumut Balai juga menggelar PGE Goes to Community ke SD Negeri 10 Kecamatan Semende Darat Laut dan SD Negeri 16 Kecamatan Semende Darat Laut. Kegiatan itu bahkan dihadiri pula oleh aparat pemerintahan desa. (es)