Proyek Panasbumi 290 MW Milik PLN akan Dikerjakan Lima Mitra

Proyek Panasbumi 290 MW Milik PLN akan Dikerjakan Lima Mitra

PABUMNews- Proyek panasbumi sebesar 290 MW di 8 WKP milik PT PLN (persero), pengerjaannya akan diserahkan kepada lima mitra kerja yang nama-namanya akan diumumkan minggu depan.

Vice President Energy Panas Bumi PT PLN (Persero) Aris Edi Susangkiyono menjelaskan, ke-8 WKP yang akan diserahkan pengerjaannya kepada mitra kerja itu adalah Gunung Sirung 5 MW di NTT, Songa Wayaua 10 MW di Maluku Utara, Gunung Tangkuban Perahu 55 MW di Jawa Barat, Oka Ile Ange 10 MW di Pulau Flores, Gunung Ungaran 55 MW di Jawa Tengah, Atedei 5 MW di NTT, Kepahiang 110 MW di Bengkulu, Danau Ranau 40 MW di Lampung.

“Ke-8 proyek WKP itu saat ini sedang memasuki tahap prastudi kelayakan,” kata Aris seperti dirilis Bisnis.com, Kamis (9/5/2019).

Menurut Aris, sebenarnya ada delapan mitra yang tertarik mengerjakan penugasan WKP Panasbumi milik PLN. Ke-8 mitra itu adalah PT Apexindo Pratama Duta, Ormat Technologies, Marubeni Corporation, Medco Energi, Halliburton, Green Energy Geothermal, Semesta Energi, dan Itochu Corporation.

“Nantinya, lima dari delapan mitra tersebut akan diumumkan untuk memasuki tahap pra joint venture,” jelasnya.

Sesuai dengan PMK No.62/2017 tentang Pengelolaan Dana Pembiayaan Infrastruktur Sektor Panas Bumi Pada Perusahaan Perseroan (Persero) PT Sarana Multi Infrastruktur, pemerintah hanya menanggung 50% biaya apabila terjadi risiko berupa ketidaklayakan data dan informasi panas bumi berdasarkan penilaian dari penilai independen. Oleh karena itu PLN membutuhkan mitra yang memiliki kompetensi teknis dalam mengelola panasbumi sehingga kegagalan dapat diminimalisasi. Meskipun jika terjadi kegagalan,mitra yang bersangkutan yang membayar. (es)