Sulawesi Utara, Provinsi dengan Pemanfaatan Panasbumi Cukup Maju

Sulawesi Utara, Provinsi dengan Pemanfaatan Panasbumi Cukup Maju

Pembangkit listrik tenaga panasbumi (PLTP) Lahendong di Sulawesi Utara. (Sumber foto: Dunia Energi)

PABUMNews – Sulawesi Utara merupakan salah satu wilayah dengan pemanfaatan panasbumi cukup maju. Di sini, panasbumi tak hanya dimanfaatkan untuk energi listrik tapi juga untuk kepentingan industri gula aren dan sektor wisata.

Potensi panasbumi di Sulawesi Utara tersebar di empat titik, yaitu di Mobagu, Lahendong, Duasaudara dan Miweru.

WKP Kotamobagu

Lapangan panasbumi di Kotamobagu telah ditetapkan menjadi wilayah kerja panasbumi (WKP) dengan SK Nomor 2067 K/30/MEM/2012 tanggal 18-6-2012. WKP ini mencakup wilayah Kab. Bolaang Mongondow, Kab. Kotamobagu dan Kab. Minahasa Selatan.

Panasbumi di WKP ini terdeteksi di dua titik yaitu di Gunung Ambang dengan cadangan terduga 225 MW dan Kotamobagu sendiri dengan cadangan terduga sebesar 185 MW.

Rencananya panasbumi dikembangkan pada tahun 2025, untuk unit 1 akan dikembangkan 80 MW. Pertamina disebut sebagai perusahaan yang akan menerima penugasan pemanfaatan panasbumi Kotamobagu.

Panasbumi di Kotamobagu dicirikan dengan munculnya air panas ke permukaan bumi. Bahkan Kotamobagu boleh disebut daerah air panasbumi karena memang sumber air panasbumi di sini erdapat di banyak tempat.

WKP Lahendong

Panasbumi Lahendong ditetapkan jadi WKP dengan SK 2067 K/30/MEM/2012 tanggal 18-6-2012. Lokasinya mencakup Kota Tomohon dan Tompaso, Kabupaten Minahasa.

Panasbumi di WKP ini berada di dua titik yakni di Lahendong dengan potensi 80 MW (cadangan mungkin) sementara cadangan terbukti sebesar 140 MW. Kemudian di Tompaso sebesar 180 MW (cadangan terduga).

Panasbumi Tomohon yang dikelola PT Geothermal Energi (PGE) telah mampu menerangi ribuan rumah.

Kapasitas terpasang dan rencana pengembangan

Berdasarkan buku Potensi Panas Bumi Indonesia Jilid II, panasbumi Lahendong dikembangan dalam enam tahap

Tahap I tahun 2001 sebesar 20 MW
Tahap II tahun 2007 sebesar 20 MW
Tahap III tahun 2009 sebesar 20 MW
Tahap IV tahun 2011 sebesar 20 MW
Tahap V tahun 2016 sebesar 20 MW
Tahap VI tahun 2016 sebesar 20 MW

Dengan beroperasinya PLTP unit 5 dan 6 ini, maka total kapasitas PLTP Lahendong menjadi 120 MW. Kapasitas sebesar ini bisa memenuhi kebutuhan listrik untuk sekitar 240.000 keluarga di Minahasa.

Di Lahendong juga ada PLTP binary cycle 500 kv hasil kerjasama dengan Jerman. PLTP yang dinamakan PLTP Merah Putih tersebut berhasil memproduksi lisrik dari uap buangan PLTP konvensional.

Selain dimanfaatkan untuk energi lisrik, panasbumi Lahendong juga dimanfaatkan untuk kepentingan industri masyarakat sekitar. Di antaranya dimanfaatkan untuk memproduksi gula aren di pabrik gula Masarang. Setelah memanfaatkan panasbumi, masyarakat dan pabrik Masarang meninggalkan penggunaan kayu bakar untuk proses produksi gula.

Potensi Duasaudara

Duasaudara merupakan gunung yang berstatus cagar alam. Secara administratif Gunung Duasaudara masuk ke wilayah Kota Bitung, Kecamatan Bitung Utara dan Bitung Tengah.

Potensi panasbumi Duasaudara diperkirakan 22 MW.

Gejala panasbumi di Gunung Duasaudara berupa pemunculan mata air panas di sejumlah tempat di sekitarnya.

Mengutip buku Potensi Panas Bumi Indonesia II, air panas di Duasaudara berasal dari suatu wadah reservoir yang diduga berada di lereng Tangkoko. Air yang terakumulasi di reservoir ini kemudian terpanaskan oleh sisa aktivitas vulkanik dari produk vulkanik Kuarter Toka Tembaankoka (1,2 ± 0,2 Jtl) dan vulkanik Batuangus (erupsi tahun 1800). Fluida panas kemudian naik ke permukaan akibat densitasnya berkurang dan bergerak ke atas melalui jalur rekahan dan sesar sehingga muncul di sekitar Batuputih, Pinasungkulan, Rumesu dan Serawet.

Potensi Wineru

Wineru merupakan salah satu desa yang berada di Kecamatan Likupang Timur, Kabupaten Minahasa Utara. Data Kementerian ESDM menyebutkan, potensi panasbumi di daerah ini 10 MW (spekulatif)

Potensi panasbumi Wineru dicirikan dengan munculnya sejumlah mata air panasbumi di daerah Wineru. (es)