Tak Sekedar Hasilkan Energi Panasbumi, Ini Harapan warga kepada PGE

Tak Sekedar Hasilkan Energi Panasbumi, Ini Harapan warga kepada PGE

PGE Area Karaha Tasikmalaya, Jawa Barat, memberikan bantuan alat roaster kepada para petani kopi di sekitar pembangkit. (Foto: Dok PGE)

PABUMNews – Harapan masyarakat terhadap Pertamina Geothermal Energi (PGE) ternyata tak hanya sekedar sebagai perusahaan penghasil energi bersih panasbumi untuk listrik. Lebih dari itu, perusahaan ini diharapkan pula memberikan kesejahteraan langsung kepada masyarakat terutama masyarakat sekitar pembangkit lewat berbagai program CSR-nya.

Harapan itu di antaranya terungkap saat pihak PGE Ulubelu beraudiensi dengan Gubernur Lampung Arinal Djunaidy dan jajarannya pada Selasa (5/11/2019) lalu.

Dalam kesempatan itu Gubernur Arinal menyampaikan harapannya agar PGE atau Pertamina sebagai perusahaan induk PGE, ikut membantu mengembangkan potensi pertanian dan perkebunan di Ulubelu dan sekitarnya.

“Selama ini Ulubelu merupakan sentra kopi robusta khas Lampung, pisang dan komoditas pertanian lainnya,” kata Arinal.

Ia yakin, dengan bantuan pihak perusahaan sekelas PGE, komoditas pertanian da perkebunan Ulubelu akan makin berkembang sehingga akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Gubernur Arinal sekarang ini memang tengah mencanangkan pengembangan sektor perkebunan dan pertanian untuk mendukung pengembangan ekonomi kerakyatan di Provinsi Lampung. Untuk melaksanakan program tersebut, Arinal mencoba menggaet lembaga usaha, baik BUMN maupun swasta. Ia berharap, lewat jaringan dan teknologi yang dimiliki perusahaan-perusahaan besar, komoditas pertanian dan perkebunan Lampung bisa menjadi andalan dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Bahkan kalau bisa, menembus pasar ekspor.

Dalam kesempatan itu Arinal juga meminta agar PT. Pertamina agar dapat bekerja sama dengan perusahaan multinasional, seperti PT. Great Giant Pineapple, pengekspor pisang internasional untuk mengembangkan komoditinya.

Menjawab permintaan Gubernur Lampung, Direktur Operasi PT. PGE, Eko Agung Bramantyo, pada prinsipnya menyatakan siap. Namun ia akan berkoordinasi terlebih dahulu dengan para pimpinannya termasuk dengan perusahaan induk PGE, PT Pertamina. (es)