Talagabodas, Objek Wisata Panasbumi dalam Keheningan Pegunungan

Talagabodas, Objek Wisata Panasbumi dalam Keheningan Pegunungan

Kolam pemandian air panasbumi Talagabodas. (*)

PABUMNews – Anda ingin menikmati objek wisata yang bersuasana hening dan hijau alami, jauh dari hiruk pikuk kota? Datanglah ke kawah Talagabodas, Kecamatan Wanaraja, Kabupaten Garut, Jawa Barat.

Lapangan panasbumi yang masuk ke wilayah kerja panasbumi (WKP) Karaha ini adalah objek wisata yang menghadirkan suasana alami. Ada kawah yang mengepulkan asap putih bak kabut, di sekeliling kawah dipenuhi pepohonan besar yang rindang. Tak ada deru knalpot kendaraan yang membisingkan. Yang ada hanyalah kicau burung bersahutan, desir angin gunung nan sejuk, sementara di bawah kawasan bawah tampak areal kebun tanaman hortikultura yang dikelola warga.

Selain bisa menikmati suasana hening khas pegunungan, di kawah Talagabodas pun Anda bisa berendam air panasbumi yang menyegarkan. Dengan kadar belerang yang agak tinggi, air panas Talagabodas selama ini dijadikan sebagai tempat terapi alternatif oleh mereka yang memiliki penyakit rematik, gatal-gatal, pegal linu, dan sebagainya.

“Termasuk mereka yang memiliki jerawat. Coba mandi di air Talagabodas, beberapa kali mandi pasti ada perubahan. Jerawatnya insya Allah sembuh,” kata Herman, warga Bebedahan, Wanaraja, yang memiliki areal kebun di bawah kawasan Talagabodas.

Kawasan Talagabodas berada di bawah otoritas BKSDA. Tak heran jika kondisinya tetap alami.

Sementara itu, pemandian air panas Talagabodas lokasinya satu hamparan dengan kawah. Letaknya berada di bibir kawah. Satu hal yang istimewa, air panasnya langsung dari perut bumi yang berada di bawahnya.

Namun berbeda dengan kolam pemandian di Cipanas, Tarogong, di kawasan Garut Kota, pemandian air panas Talagabodas kondisinya terbuka. Dan justru inilah kelebihannya. Jika cuaca panas Anda bisa berenang sambil menikmati paparan matahari langsung, jika cuaca hujan Anda bisa mandi di air hangat sambil hujan-hujanan!

Kenapa dinamakan Talagabodas? Karena warna kawahnya putih. Putih artinya bodas dalam bahasa Sunda. Warna putih tersebut konon karena kadar belerang yang tinggi.

Di kawah pun ada areal yang suhu airnya sangat tinggi. Karena tingginya, maka telur pun bisa matang. Jadi, di Talagabodas pun, Anda bisa merebus telur dengan energi panasbumi seperti di lapangan panasbumi di tempat lain.

Lokasi kawah Talagabodas jauhnya sekitar 25 km dari ibu kota Garut. Meskipun berada di kawasan pegunungan, namun lokasinya sangat mudah diakses sebab ada jalan besar yang menghubungkan ke objek wisata ini. Dari Wanaraja, Anda belok ke arah Timur, sekitar setengah jam kemudian akan sampai di lokasi.

Masih ingat Gunung Sadahurip yang dulu sempat viral sebab bentuknya mirip piramida? Nah dari Talagabodas, Anda pun bisa melihat gunung yang sempat menjadi buah bibir tersebut. (es)