Tanuhi, Pemandian Air Panasbumi di Tanah Dodol Kandangan

Tanuhi, Pemandian Air Panasbumi di Tanah Dodol Kandangan

Pemandian air panas Tanuh dipadati pengunjung .(*)

PABUMNews – Pesona Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), Kalimantan Selatan, tak cuma dodol Kandangan yang dominan rasa durian, tapi juga objek wisata air panas Tanuhi yang berlokasi di Desa Hulu Banyu, Kecamatan Loksado.

Objek wisata yang dikelola Pemkab HSS ini jaraknya sekitar 30 kilometer dari Kota Kandangan, Ibukota Kabupaten HSS, atau 160 kilometer utara Banjarmasin, Ibukota Kalimantan Selatan.

Setelah direnovasi tahun 2018 lalu, objek wisata andalan Kabupaten HSS ini kini makin mempesona. Dengan empat kolam renang yang tersedia dan didukung dengan fasilitas penunjang yang lengkap seperti penginapan, rumah makan, lapangan tenis, dan sebagainya, objek wisata ini kini makin eksis. Apalagi kebersihan dan kerapihannya sangat terjaga.

Suhu air panas alami di Tanuhi mencapai sekitar 45 derajat Celcius. Maka, pengunjung disarankan ada baiknya melakukan penyesuaian terlebih dahulu dengan cara membasahi telapak tangan, kaki dan anggota badan lainnya beberapa saat, sebelum menceburkan diri ke kolam.

Tanuhi memang menjadi objek wisata andalan bagi Kabupaten HSS. Apalagi pada musim liburan, wisata pemanfaatan langsung panasbumi ini dipastikan dipenuhi pengunjung, tak terkecuali libur Natal 2019 kemarin,.

Menurut Dinas Pariwisata Kabupaten HSS, pada liburan Natal 2019, setiap hari tak kurang dari 2000 pengunjung memadati areal pemandian air panas Tanuhi.

Tanuhi juga dilengkapi dengan, cottage, gedung konfrensi, hotel dan sebagainya. Dengan alamnya yang hijau di bawah naungan pegunungan Meratus dan taman wisata alam Loksado yang melegenda, objek wisata Tanuhi menjadi pilihan tepat untuk pertemuan bisnis atau sekedar melepas penat bersama keluarga.

Sebelum tahun 2000, pemandian air panas Tanuhi hanyalah pemandian biasa yang dimanfaatkan warga setempat untuk berendam. Tahun 2004, pemerintah daerah setempat kemudian turun tangan membangun objek wisata di lokasi itu dengan memanfaatkan air panas sebagai daya tarik utama. Ternya berhasil. Begitu diresmikan tahun 2006, pemandian air panas Tanuhi bahkan menjadi tempat wisata kedua setelah Taman Wisata Alam Loksado. (es)