Home / Berita

Selasa, 11 Desember 2018 - 14:37 WIB

Bupati Kuningan Inginkan Pengusahaan Panasbumi Ciremai Segera Dilakukan

Bupati Kuningan Acep Purnama

PABUMNews- Bupati Kuningan, Jawa Barat, Acep Purnama, yang beberapa hari lalu dilantik oleh Gubernur Jawa Barat di Gedung Sate, Bandung, menginginkan agar pengusahaan panasbumi Ciremai segera dilakukan untuk kesejahteraan masyarakat, terutama masyarakat Kuningan.

Menurutnya, meskipun panasbumi merupakan kewenangan pusat namun pihaknya menginginkan agar panasbumi Ciremai segera dikembangkan sehingga manfaatnya terasa oleh masyarakat.

“Investasi bidang geothermal meski itu urusan pusat, tapi kami tentu harus terlibat. Selama masyarakat menikmati pembangunan, investasi kami dukung. Selama urusan masyarakat kondusif, tidak masalah. Kami terus sosialisa¬≠sikan investasi di panasbumi agar tidak salah tafsir. Jangan sampai malah menghambat prosesnya,” kata Bupati Kuningan yang terpilih untuk kedua kalinya tersebut seperti dirilis Koran Jakarta

Baca Juga  Gugatan Ditolak PHI SPNCI Timbang-timbang Ajukan Kasasi

Acep meminta pemerintah pusat pun mempertimbangkan keterlibatan pemerintah daerah dalam proyek pengelolaan panasbumi sehingga bisa ikut melakukan sosialisasi secara gencar tentang manfaat panasbumi dan berbagai kelebihannya.

Diketahui, WKP Gunung Ciremai yang terletak di Kabupaten Kuningan dan Kabupaten Majalengka itu, memiliki potensi sumber daya panasbumi sekitar 150 megawatt (MW). Rencananya, WKP ini akan dikembangkan sebesar 55 MW atau setara dengan kemampuan untuk menerangi sekitar 42.300 rumah penduduk.

Baca Juga  Kementerian ESDM Gelar Hari Jadi¬† Pertambangan dan Energi ke-72

WKP Gunung Ciremai diserahkan kembali oleh PT Chevron kepada pemerintah, dan tahun 2017 pemerintah memberi penugasan kepada PT Pertamina Geothermal Energy (PGE) untuk melakukan eksplorasi potensi panasbumi di area ini.

Penugasan WKP Ciremai kepada Pertamina mendapat dukungan dari 20 lembaga swadaya masyarakat (LSM) dan elemen masyarakat lainnya. Bahkan ke-20 LSM itu berharap agar panasbumi Ciremai segera diusahakan agar bermanfaat bagi hajat hidup orang banyak. (es)

Berita ini 246 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Serikat Pekerja PLN Grup

Berita

Serikat Pekerja PLN Grup Tolak PGE Pimpin Holding Panas Bumi

Berita

Bahlil Lahadalia: Panas Bumi akan Mendorong Pertumbuhan Ekonomi Maluku Tengah

Berita

Informasi yang Baik Dorong Percepatan Pengembangan Panasbumi

Berita

Kerjasama Pengembangan Panasbumi Indonesia-Belanda Diperpanjang Hingga 2021

Berita

Danau Linow, Cekungan Air Nan Indah di Kawasan PLTP Lahendong

Berita

Prijandaru Effendi Kembali Jabat Ketua Asosiasi Panas Bumi Indonesia (API)

Berita

Selandia Baru Terus Dukung Pengembangan Energi Panas Bumi di Indonesia

Berita

Climeworks, Sukses Produksi Listrik dari CO2 dengan Panabumi