Home / Berita

Minggu, 7 Juli 2019 - 14:57 WIB

Cerita Air Panasbumi Semurup dan Sedihnya Lagu Gloomy Sunday

Air panas Semurup di Kabupaten Kerinci, Jambi, tampak mengepulkan uap (sumber foto: Picdeer)

PABUMNews – Apa salah satu ciri Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi? Air panas yang melimpah. Air yang dipanaskan oleh energi panasbumi ini bisa dijumpai di banyak tempat di wilayah penghasil teh dan sayur mayur ini. Seperti diketahui, Kabupaten Kerinci memang memiliki gunung api Kerinci, dan dari sinilah air panas itu mengalir ke berbagai tempat.

Salah satu lokasi air panasbumi yang terkenal di Kerinci adalah Semurup. Suhunya tak main-main: 85 derajat Celcius. Oleh karena itu jangan mandi di lokasi utama air panas Semurup sebab kulit Anda yakin melepuh. Dan karena suhu yang tinggi tesebut, pengunjung banyak yang sengaja menggunakan air panas Semurup sebagai tempat merebus telur atau pisang.

Sebelum terjadi bencana gempa pada tahun 1995 yang mengakibatkan kerusakan hebat di wilayah Kerinci, suhu air Semurup bahkan mencapai 100 derajat Celcius. Sekedar mengenang, gempa yang terjadi pada tanggal 7 Oktober 1995 itu menyebabkan 84 orang tewas, 558 orang luka berat dan 1.310 orang luka ringan. Sementara 7.137 rumah, sarana transportasi, sarana irigasi, tempat ibadah, pasar dan pertokoan mengalami kerusakan.

Baca Juga  ADPPI Kunjungi Baturaden, Enam Bulan Curug Cipendok Kurang Pengunjung

Nah setelah gempa terjadi, suhu air panas Semurup pun langsung turun.

***

Air panas Semurup merupakan salah satu objek wisata alam yang menjadi andalan Kabupaten Kerinci. Letaknya di Desa Air Panas Baru, Kecamatan Air Hangat Timur. Lebar kolamnya sekitar 76 m2 dengan kedalaman sekitar 5 meter. Selain mengepulkan uap sepanjang hari, air panas Semurup juga menebarkan bau belerang yang cukup menusuk. Hal ini merupakan salah satu ciri bahwa air Semurup berasal dari gunung api.

Karena membahayakan, di sekelilingnya dipagari tembok berkawat. Selain itu ditempatkan pula petugas khusus. Jika Anda ingin masuk ke kolam, Anda harus minta ijin dahulu ke petugas tersebut.

Ada kabar lain yang beredar, bahwa dipagarinya kolam air panas Semurup, terkait dengan adanya kekuatan mistis yang menguasai tempat tersebut. Jangan kaget: kolam air panas Semurup dulu merupakan tempat orang bunuh diri. Mereka yang putus asa dan enggan melanjutkan hidup, akan terjun ke kolam ini. Beberapa menit kemudian badannya akan mengambang dengan kondisi badan seperti daging direbus. Semurup memiliki kekuatan mistis untuk memanggil orang-orang yang berniat bunuh diri. Begitu kata orang.

Baca Juga  Pakar Panasbumi dan Gempa Gelar Sosialisasi di Ambon

Tragika Semurup mengingatkan kita akan cerita seram di balik mendayu-dayunya lagu Gloomy Sunday. Lagu yang dipopulerkan Billie Holiday di tahun 1940-an tersebut, punya kekuatan magis mendorong orang yang mendengarnya melakukan bunuh diri. Meski ceritanya berbeda, namun “tema” Semurup dengan Gloomy Sunday sama: berkaitan dengan bunuh diri.

***

Lepas dari cerita yang masih debatable tersebut, Semurup merupakan salah satu objek wisata primadona di Kerinci. Objek wisata ini tak pernah sepi pengunjung, baik wisatawan dari Kerinci sendiri maupun luar, bahkan wisatawan mancanegara pun kerap datang ke objek wisata ini.

Seiring dengan ramianya pengunjung, berbagai fasilitas pun tersedia. Di antaranya mushala, rumah makan, arena bermain dan sebagainya.

Bagi Anda yang ingin mandi air panasbumi, tersedia sejumlah kolam pemandian di pinggir kolam utama Semurup. Di sinilah Anda bisa berenang atau berendam sepuasnya. (es)

Berita ini 47 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Berita

PLTP Lumut Balai 55 MW Beroperasi, Kapasitas Terpasang Panasbumi Indonesia Lebih 2000 MW

Berita

Pemerintah Lelang Tiga WKP: Galunggung, Wilis dan Lainea

Berita

Draft Feed in Tariff EBT Sudah Masuk ke Kementerian Sekretariat Negara

Berita

Maret 2020, Medco Bor Sumur Eksplorasi di WKP Blawan-Ijen

Berita

ADPPI Dorong BUMN/IPP Panas Bumi Lakukan Tracing Covid-19 di Area Kerja

Berita

Kreativitas Warga di Area Panasbumi Karaha

Berita

PGE Karaha Bagikan Bonus Produksi Panas Bumi untuk Daerah Penghasil

Berita

Bonus Produksi Panas Bumi Tak Dirasakan Masyarakat Sekitar PLTP, Berikut Penjelasan ADPPI