Istilah-istilah dalam Panasbumi

Istilah-istilah dalam Panasbumi

Pembangkit Listrik Tenaga Panasbumi (PLTP) Sarulla, Sumatera Utara (sumber foto: sarullaoperations.com)

 

PABUMNews– Dalam panasbumi dikenal berbagai istilah. Dikutip dari Klasifikasi Potensi Energi Panasbumi di Indonesia yang dimuat laman geothermal.itb.ac.id, Pabum News kali ini memaparkan sebagian dari istilah-istilah tersebut.

Cadangan panasbumi : Jumlah kandungan panas yang tersimpan di bawah permukaan dan diestimasikan dengan ilmu-ilmu kebumian, kelistrikan yang dapat dimanfaatkan dalam waktu tertentu

Daerah panasbumi :Daerah yang mempunyai indikasi adanya potensi panasbumi

Fumarol : Hembusan uap air (H2O) melalui lubang atau celah, umumnya di daerah vulkanik

Kubangan lumpur panas : Jenis manifestasi panasbumi yang berupa kubangan lumpur dengan suhu lebih besar dari suhu air setempat di permukaan

Klasifikasi sumber daya panasbumi : Pengklasifikasian potensi panasbumi hasil pengumpulan, penyaringan, pengolahan serta interpretasi data dan informasi dari suatu daerah panasbumi baik di permukaan maupun bawah permukaan untuk mendapatkan gambaran awal mengenai kemungkinan ketersediaan energi panasbumi yang dapat dimanfaatkan sebagai energi, didasarkan pada hasil penyelidikan pendahuluan dan pendahuluan lanjutan.

Klasifikasi cadangan panasbumi : Pengklasifikasian potensi panasbumi hasil pengumpulan, penyaringan, pengolahan serta interpretasi data dan informasi panasbumi baik di permukaan maupun bawah permukaan dari suatu daerah, untuk mendapatkan gambaran mengenai besarnya potensi panasbumi  yang dapat dimanfaatkan sebagai energi berdasarkan hasil prastudi kelayakan dan diidentifikasi dengan sumur eksplorasi serta dibuktikan dengan sumur uji delineasi.

Lapangan panasbumi : Daerah yang berpotensi panasbumi dan memungkinkan untuk diusahakan secara komersial.

Mata air panas : Tempat keluarnya air tanah yang bersuhu lebih tinggi dari pada suhu udara sekitarnya, yang keluar secara alami di permukaan

Manifestasi panasbumi: Gejala di permukaan yang merupakan ciri terdapatnya potensi energi panasbumi.

Natural heat loss : Nilai kehilangan panas dari sumber panasbumi di permukaan.

Penyelidikan terpadu : Penyelidikan yang dilakukan dengan berbagai metoda sehingga dapat menyajikan informasi secara terpadu.

Peta geologi pendahuluan : Peta geologi yang dibuat pada tahap penyelidikan pendahuluan lanjutan dengan skala 1 : 25.000 sampai dengan 1 : 50.000.

Peta geologi rinci: Peta geologi yang dibuat pada tahap penyelidikan rinci dengan skala 1 : 5.000 sampai dengan 1 : 10.000.

Peta geologi tinjau: Peta geologi yang dibuat berdasarkan hasil peninjauan lapangan.

Potensi energi panasbumi : Besarnya energi yang tersimpan pada suatu daerah/lapangan panasbumi setelah diestimasi dengan ilmu-ilmu kebumian dan atau pengujian sumur.

Reservoar panasbumi: Wadah di bawah permukaan yang bersifat sarang dan berdaya lulus terhadap fluida, dapat menyimpan fluida panas serta mempunyai temperatur dan tekanan dari sistem panasbumi.

Sistem panasbumi: Adalah sistem energi panasbumi yang memenuhi kriteria geologi, hidrogeologi dan heat transfer yang cukup, terkonsentrasi untuk membentuk sumber daya energi.

Solfatar: Hembusan gas gunung api terutama mengandung gas H2S dan endapan belerang.

Steaming ground : Suatu jenis manifestasi panasbumi yang berupa tanah panas beruap.

Sumber daya panasbumi :Besarnya potensi panasbumi yang ditentukan dengan dasar estimasi parameter terbatas, untuk dibuktikan menjadi potensi cadangan.

Uji sumur: Pengujian parameter fisik dan kimia fluida yang dilakukan pada sumur panasbumi yang dimulai dari saat sumur dinyatakan selesai pengeboran hingga sumur dibuka. (es)