Home / Berita

Jumat, 28 Desember 2018 - 14:09 WIB

Dua Perusahaan Panasbumi Raih PROPER Emas 2018 dari Kementerian LHK

PABUMNews- DEWAN Pertimbangan Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan (PROPER) memutuskan 20 perusahaan sebagai peraih peringkat PROPER Emas 2018. Ke-20 perusahaan itu dinilai konsisten memberikan dukungan dan melakukan strategi-strategi nyata dalam pelestarian lingkungan serta melaksanakan bisnis yang beretika dan bertanggung jawab terhadap masyarakat.

Dari 20 perusahaan peraih PROPER Emas, dua di antaranya adalah perusahaan panasbumi, yakni Pertamina Geothermal Energi (PGE) dan Star Energy. PROPER Emas untuk PGE diraih dari Area Kamojang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, sedangkan untuk Star Energy diraih dari PLP Wayang Windu, juga Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Penghargaan diserahkan oleh Menteri Lingkungan Hidup Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya pada acara Malam Anugerah Lingkungan PROPER 2018 di Birawa Assembly Hall, Hotel Bidakara, Jakarta, Kamis (27/12/2018). Selain dihadiri pimpinan perusahaan pemenang PROPER Emas, hadir pula sebanyak 155 perusahaan peraih PROPER Hijau.

PROPER merupakan program pembinaan terhadap industri yang bertujuan mendorong ketaatan industri terhadap peraturan lingkungan hidup. Peringkat PROPER terbagi menjadi dua kategori yaitu ketaatan (Biru, Merah, Hitam), dan beyond compliance (Emas dan Hijau). Peringkat tertinggi yaitu Emas dan peringkat terburuk yakni Hitam.

PROPER 2018 merupakan hasil penilaian periode 2017-2018. Aspek yang menjadi penialaian meliputi izin lingkungan, pengendalian pencemaran air, pengendalian pencemaran udara, pengolahan limbah B3, dan kerusakan lahan khusus untuk kegiatan pertambangan.

PROPER kali ini diikuti 1.906 perusahaan yaitu 905 agroindustri, 560 manufaktur prasarana jasa, dan 441 pertambangan energi migas.

Pertamina Geothermal Energi

PROPER Emas yang diterima PGE Area Kamojang merupakan PROPER Emas yang ke-delapan kalinya secara berturut-turut sejak 2011 lalu.

Ini membuktikan bahwa PGE Area Kamojang memiliki konsistensi dalam keunggulan lingkungan selaras dengan pengelolaan bisnis yang beretika dan bertanggung jawab terhadap masyarakat.

Baca Juga  Pemandian Air Panas Ciwalini, Berkah Panasbumi Patuha

Sinergi dengan alam sekitar dan masyarakat, diwujudkan pihak PGE Kamojang dengan membangun Desa Wisata Geothermal Kamojang. Melalui program tersebut, PGE mengembangkan aspek perlindungan lingkungan, edukasi, pelestarian budaya, dan peningkatkan perekonomian masyarakat sekitar. Dalam program itu, PGE Area Kamojang bersinergi dengan Pemkab Bandung dan Kementerian Pariwisata.

Selain itu, PGE Area Kamojang juga bekerja sama dengan Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Jawa Barat dalam Pengembangan Taman Wisata Alam Kawah Kamojang serta Pengembangan Pusat Konservasi Elang Kamojang (PKEK). Kini PKEK menjadi rujukan model pusat konservasi khusus burung pemangsa skala nasional berstandar International Union for Conservation of Nature (IUCN ).

Star Energy

Star Energy, perusahaan yang dikendalikan taipan Prajogo Pangestu, juga bukan sekali ini menerima PROPER Emas. Tahun 2017 Star Energy Wayang Windu juga meraih penghargaan serupa. Pencapaian tersebut membuktikan bahwa Star Energy tidak hanya memenuhi ketaatan terhadap peraturan dan undang-undang, tetapi juga melakukan inovasi dan berupaya menjadi yang terdepan dalam menerapkan strategi keberlanjutan pengelolaan lingkungan dan tanggung jawab sosial perusahaan.

Banyak yang dilakukan Star Energy terkait upaya pelestarian lingkungan dan tanggung jawab sosial terhadap masyarakat sekitar. Di antaranya, ikut serta dalam program Clean Development Mechanism dan menjadi PLTP dengan potensi reduksi emisi terbesar di dunia dengan penurunan pencemaran udara sebesar 794.832 MTCO2e/tahun.

Star Energy juga menjadi pionir dalam penghematan air dalam proses pemboran sejak tahun 2003.

Kemudian untuk menunjukkan tanggung jawabnya terhadap masyarakat sekitar, Star Energy Wayang Windu menggulirkan program UMKM dengan pemberdayaan Koperasi/Lembaga Keuangan Mikro. Di antaranya program UMKM dengan Koperasi Nurkayana yang kini telah memiliki aset miliaran.

Selain memberikan pelatihan, dalam kegiatan UMKM pun Star Energy memberikan modal usaha melalui SOP yang jelas (salah satunya mensyaratkan kesediaan kandidat untuk mengikuti pelatihan manajemen wirausaha). Koperasi UMKM Nurkayana kini telah memiliki anak usaha berupa unit kerja baru bernama Unit Inkubasi. Kegiatannya, Warung Produk dan Warung Bahan Baku.

Baca Juga  Kadin Sarankan Cost Recovery Diterapkan dalam Panas Bumi

Inilah 20 perusahaan penerima PROPER Emas 2018

1. PT Pupuk Kaltim (Bontang, Kaltim)
2. PT. Indonesia Power Unit Pembangkitan Bali, Unit Pesanggaran (Denpasar, Bali),
3. PT. Pertamina Hulu Energi offshore North West Java (PHE ONWJ) (Subang, Jabar),
4. PT. PJB UP Paiton (Probolinggo, Jatim),
5. PT. Pertamina (Persero) Marketing Operation Region III TBBM Bandung Group (Bandung, Jabar),
6. JOB Pertamina – Talisman Jambi Merang (Musi Banyuasin, Sumsel),
7. PT. Pertamina EP Asset 1 – Field Rantau (Aceh Tamiang, Aceh),
8. PT. Pertamina (Persero) Marketing Operation Region IV TBBM Rewulu (Bantul DIY),
9. Star Energy Geothermal (Wayang Windu) Ltd. (Bandung, Jabar),
10. PT. Pertamina (Persero) Marketing Operation Region V TBBM Surabaya Group (Surabaya, Jatim).
11. PT. Pertamina EP Asset 5 – Field Tarakan (Tarakan, Kalimantan Utara),
12. PT. Pertamina EP Asset 3 – Field Subang (Subang, Jabar),
13. PT. Pertamina (Persero) Marketing Operation Region IV TBBM Boyolali (Boyolali, Jateng),
14. PT. Bukit Asam (Persero) Tbk. Unit Pertambangan Tanjung Enim (Muara Enim, Sumsel),
15. PT. Pertamina (Persero) RU VI – Kilang Balongan (Indramayu, Jabar), 16 PT. Medco E&P Indonesia – Blok Rimau Kaji (Musi Banyuasin, Sumsel), 17. PT. Pertamina EP Asset 3 – Field Tambun (Karawang, Jabar),
18. PT. Pertamina Geothermal Energy Area Kamojang (Kamojang, Bandung), 19. PT. Badak NGL (Bontang, Kaltim), dan
20. PT. Pertamina (Persero) RU II – Kilang Sei Pakning (Bengkalis, Riau).

(es)

Berita ini 46 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Berita

Panasbumi Dieng-Patuha, Tak Putus Dirundung Sengketa (Bagian 2)

Berita

Medco Gelar Sosialisasi Survey Pendahuluan dan Eksplorasi Panasbumi Bonjol di Pasaman

Berita

Wamen ESDM Acandra : Proyek PLTP Gunung Talang Tak Bahayakan Lingkungan

Berita

Hilangkan Resiko Tinggi Eksplorasi, Pemerintah Godok Konsep Geothermal Fund

Berita

Lelang WKP Panasbumi Tunggu Skema Feed in Tariff

Berita

Pemerintah Kaji Upaya Ringankan Pengembang Panasbumi

Berita

PLN, Surat Utang dan Obligasinya Capai Rp 86,45 Triliun

Berita

Di Tepi Cimandiri, Pemandian Air Panasbumi Cikundul Tak Pernah Sepi