Home / Berita

Kamis, 27 Desember 2018 - 11:54 WIB

Dukung Pengembangan Panasbumi Wae Sano, SMI Perhatikan Aspek Sosial Ekonomi Masyarakat Sekitar

PABUMNews- Sebagai dukungan terhadap penggunaan energi bersih dan berkelanjutan, PT SMI (Sarana Multi Infrastruktur Indonesia), BUMN yang bergerak dalam bidang pembiayaan, kini tengah melakukan berbagai persiapan untuk ikut mengembangkan panasbumi Wae Sano di Kecamatan Sano Nggoang, Nusa Tengara Timur (NTT).

Direktur Pengembangan Proyek & Advisory PT SMI Darwin Trisna Djajawinata menjelaskan, PT SMI kini sedang fokus mengumpulkan data dan informasi terkait potensi energi panasbumi yang nantinya bisa digunakan untuk mengambil keputusan bilamana akan dikembangkan menjadi proyek pembangkit listrik.

Darwin menambahkan, pengembangan potensi energi panasbumi memerlukan konservasi lingkungan di antaranya ikut menjaga kelestarian kawasan hutan.

“Hal ini guna memastikan keberlanjutan ketersediaan potensi energi panasbumi tersebut. Energi panasbumi merupakan energi ramah lingkungan karena tidak menggunakan bahan bakar fosil dan tidak akan menimbulkan emisi gas rumah kaca yang membahayakan lingkungan,” kata Darwin seperti dirilis Media Indonesia, Jumat (21/12/2018).

Baca Juga  Hajat Tahunan Panas Bumi IIGCE Digelar 20-22 September 2023, Berikut Ini Agenda Lengkapnya

Menurutnya, pengumpulan data dan informasi terkait potensi energi panasbumi, PT SMI juga sangat memperhatikan keberlanjutan aspek sosial-ekonomi dari masyarakat sekitar, termasuk menjaga potensi pertanian dan pariwisata yang selama ini menjadi tumpuan hidup masyarakat.

Dengan kegiatan ini, lanjut Darwin, data yang diperoleh tidak hanya berupa gambaran potensi energi panasbumi Wa Sano semata, tetapi juga memastikan bila potensi energi panasbumi yang dikembangkan untuk menyediakan pasokan listrik tersebut, memberikan manfaat positif bagi masyarakat, termasuk peningkatan kapasitas pertanian dan pengembangan sektor pariwisata lokal, khususnya pariwisata keindahan Danau Sano Nggoang.

Baca Juga  Komisi VII DPR RI Dukung Pengembangan Energi Panasbumi

“Kami sedang dalam tahap persiapan, perizinan, dan dialog dengan sejumlah pihak termasuk masyarakat sekitar. Kami libatkan peran aktif masyarakat, seperti sosialisasi dan konsultasi publik yang sudah dilakukan sebanyak enam kali pada masyarakat dan tokoh setempat. Termasuk melakukan studi banding ke wilayah pembangkit listrik lainnya di Indonesia,” ungkapnya.

PT SMI juga berupaya memberikan manfaat kepada lingkungan dan masyarakat, seperti perbaikan akses jalan untuk pengembangan pariwisata, program pemberdayaan masyarakat untuk meningkatkan taraf hidup lebih baik, serta mendukung penerbitan sertifikat lahan masyarakat yang digunakan. (es)

Berita ini 56 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Proyek hidrogen toyota

Berita

Toyota Mulai Produksi Hidrogen Panas Bumi

Berita

The 7th IIGCE 2019 Diluncurkan, Prijandaru: Ketahanan Energi Tak Mungkin Tanpa Panasbumi

Berita

Wisata Panas Bumi Karaha Bodas Tasikmalaya, Eksotis, Tenang dan Mendamaikan

Berita

Perusahaan Panas Bumi PT SOL Fasilitasi Paket B dan C Gratis Bagi Warga

Berita

Yunus, “Putusan MK Soal Izin Panasbumi, Sesuai Undang-undang”

Berita

Energi Fosil Terus Menipis, Pengembangan EBT Suatu Keharusan

Berita

Inilah Rincian Pengembangan PLTP COD Tahun 2014-2019 dengan Total 605 MW
yunus saefulhak

Berita

Lima Terobosan untuk Mempercepat Pengembangan Panasbumi