Home / Nasional

Selasa, 7 Maret 2023 - 07:39 WIB

Energi Bersih Panas Bumi Cipanas Cianjur Segera Dimanfaatkan, Ditargetkan Terangi 61 Ribu Rumah

Panas bumi Cipanas Cianjur segera dimanfaatkan menjadi energi listrik

Panas bumi Cipanas Cianjur segera dimanfaatkan menjadi energi listrik

PABUMNews – Indonesia terus berupaya meningkatkan pemanfaatan energi bersih panas bumi.

Selain potensi panas bumi di Indonesia sangat melimpah karena memiliki 40 persen potensi panas bumi dunia, juga sebagai komitmen Indonesia terhadap Paris Agreement yang ditandatangani di Markas PBB pada 2016 lalu.

Terkait peningkatan pemanfaatan energi panas bumi, di awal 2023 ini, pemerintah sedang melakukan survei pendahuluan energi panas bumi Cipanas, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Pihak Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) menyebutkan, potensi energi panas bumi Cipanas, Cianjur, cukup besar yakni mencapai 85 MW. Dari potensi sebesar itu, rencananya pemerintah akan membangun pembangkit listrik tenaga panas panas (PLTP) sebesar 55 MW.

Kementerian ESDM mengasumsikan, jika satu rumah terpasang listrik 900 watt, maka PLTP Cipanas Cianjur 55 MW dapat menerangi sekitar 61 ribu rumah.

Baca Juga  Bermitra di PLTP Sarulla, Kini Medco dan Ormat Bermitra Pula di Proyek Panasbumi Ijen

Targetnya, pembangunan PLTP Cipanas Cianjur ini rampung dan bahkan beroperasi secara komersial pada tahun 2030.

Kegiatan terkini

Hingga Maret 2023 ini, kegiatan pengembangan panas bumi Cipanas masih dalam taraf survei pendahuluan. Survei dilakukan di dua titik yakni di Kecamatan Cipanas dan Kecamatan Pacet.

Pemegang PSPE (Penugasan Survei Pendahuluan dan Eksplorasi) panas bumi Cipanas Cianjur adalah PT Daya Mas Geopatra Pangrango.

Perusahaan ini ditetapkan menjadi pemegang PSPE Cipanas Cianjur sesuai dengan Keputusan Menteri Investasi/ Kepala BKPM a.n. Menteri ESDM tanggal 15 Juni 2022 dan berlaku selama 3 tahun.

Kini sedang berjalan proses perizinan pemanfaatan ruang dan penyusunan dokumen lingkungan serta pelaksanaan sosialisasi kegiatan kepada masyarakat di sekitar Desa Cipandawa dan Sindangjaya.

Semula, kegiatan survei geosains permukaan panas bumi Cipanas Cianjur dijawdwalkan pada Desember 2022. Namun rencana ini tertunda akibat bencana gempa Cianjur M 5,6 yang terjadi pada November 2022 lalu.

Baca Juga  PGE Selamatkan Monyet Pantat Merah Sulawesi

Direktur Panas Bumi, Ditjen EBTKE Kementerian ESDM, Harris, mengatakan, dari hasil studi geosains, prospek panas bumi Cipanas berasosiasi dengan zona vulkanik yang di Kawasan Gunung Gede Pangrango.

“Aktivitas kegiatan PSPE Cipanas, saat ini baru memulai kegiatan perizinan dan survei geosains permukaan,” ujar Harris dikutip PABUMNews dari esdm.go.id, Selasa 7 Maret 2023.

Haris menambahkan, demi mewujudkan pemerataan energi, terutama yang berasal dari energi bersih, Pemerintah mengharapkan dukungan dari seluruh masyarakat dan pemangku kepentingan agar kegiatan survei pendahuluan dan eksplorasi di Wilayah PSPE Cipanas dapat terealisasi.

Ia menambahkan, jika PLTP Cipanas sudah beroperasi, maka akan menjadi PLTP pertama di Kabupaten Cianjur.***

Berita ini 515 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Berita

Sepakat Tolak IPO PGE, Simak Deklarasi Federasi Serikat Pekerja Pertamina
Menteri ESDM Resmikan Wellpad

Berita

Menteri ESDM Resmikan Wellpad Slim Hole Cisolok

Berita

Air Panas Bumi, Destinasi Wisata Andalan Kabupaten Solok Selatan
PGE Pulihkan Lahan Kritis

Berita

PGE Bantu Pemulihan Lahan Kritis Tasikmalaya

Berita

Anggota Komisi VII DPR RI, YULIAN GUNHAR Dukung Pendirian Jaga Geothermal Indonesia

Berita

Asosiasi Daerah Penghasil Panasbumi Indonesia Minta Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo Lakukan Penyelidikan Kebocoran Gas H2S di PLTP Mandailing Sumut
Holding Panas Bumi

Berita

Holding Panas Bumi Batu Loncatan Energi Bersih Nasional
Potensi Panas Bumi Cisolok

Berita

Potensi Panas Bumi Cisolok, Geyser-nya Indonesia