Home / Berita / Opini

Jumat, 13 Agustus 2021 - 07:57 WIB

Hubungan Air Tanah dan Panas Bumi

Aquifer Source Water (americanwatercollege.org)

Aquifer Source Water (americanwatercollege.org)

PABUMNews – Hubungan air tanah dan panas bumi merupakan hal penting yang perlu dipahami bersama. Terkait dengan pemanfaatan panas bumi, seringkali kita dengar isu terkait akan berkurangnya cadangan air untuk kebutuhan baik masyarakat maupun pertanian.

Padahal, ada perbedaan mendasar dari air yang digunakan dalam kebutuhan sehari-hari dengan air yang dimanfaatkan dalam produksi panas bumi. Namun air tanah dan panas bumi memiliki hubungan tersendiri yang tidak dapat terpisah. Secara sistem hidrologi air panas bumi merupakan bagian dari air tanah. Secara umum air tanah di kelompokan berdasarkan keberadaan dan fungsinya:

  • Air Permukaan: adalah air yang berada di permukaan bumi, air ini biasanya terlihat langsung di permukaan tanah seperti air danau, air sungai dan air laut. Sumber air permukaan adalah air hujan, lelehan salju dan mata air.
  • Air Tanah Dangkal atau Air Akuifer Bebas: adalah air permukaan yang meresap ke dalam tanah dan mengalir melalui pori-pori batuan menuju wilayah yang lebih dangkal. Tekanan air sama dengan tekanan di udara. Air ini air konsumsi. Untuk memanfaatkan memerlukan sumur dan pompa.
  • Air akuifer tertekan: adalah jenis air yang tersimpan dalam zona batuan atau tanah impermeabel pada bagian atas dan bawahnya sehingga air terperangkap di dalam akuifer. Akuifer bentuknya menyerupai air yang ada di dalam balon.

Kedalaman air akuifer kurang lebih antara 20 – 100 meter bergantung lokasi di mana akuifer tersebut tersimpan. Biasanya semakin rendah permukaan bumi maka kedalaman airnya semakin dangkal.

Air jenis ini biasanya berada di bawah muka air tanah, sehingga tekanannya di atas tekanan udara di permukaan. Pemanfaatannya untuk sumber air dalam bentuk sumur artesis. Selain air akuifer tertekan.

  • Air akuifer semi tertekan;

Semi-confined aquifer, akuifer ini memiliki lapisan impermeable pada bagian bawah, sedangkan di bagian atas adalah batu pasiran butiran halus batuan sehingga masih memungkinkan air untuk bergerak.

Semi-unconfined aquifer, akuifer jenis ini kebalikan dari semi-confined aquifer.

Air Reservoir Panas Bumi

Air reservoir panas bumi adalah air tanah yang tersimpan dalam zona permeable seperti air pada akuifer tertekan, yang secara alami akan bergerak menuju sumber panas. Perpindahan panas dari sumber panas ke air tanah melalui proses konduksi, konveksi dan radiasi.

Hampir semua sistem panas bumi di Indonesia berasosiasi dengan Gunung Api. Kedalaman air reservoir rata-rata 500 meter sampai 2000 meter. Temperatur air pada pada reservoir bervariasi antara < 125°C untuk temperatur rendah dan > 225°C untuk sistem temperatur tinggi. Dalam air panas bumi ter-larut mineral-mineral seperti besi, boron, silikat, sulfat, dan mineral-mineral lainnya.

Air panas bumi dapat muncul kepermukaan melalui celah atau rekahan batuan. Kemunculan air panas bumi kepermukaan disebut dengan manifestasi panas bumi. Contoh manifestasi panas bumi adalah gesyer, mata air panas, kolam air panas, kolam lumpur panas, uap panas (fumarola & sulfatara), dan tanah beruap.

Sistem Panas Bumi (ibnudwibandono.wordpress.com)

Air panas bumi memiliki karakter yang berbeda dengan air tanah untuk konsumsi. Oleh karena itu pandangan sebagian masyarakat bahwa panas bumi akan mengganggu sumber air masyarakat itu tidak lah benar. Walaupun masih bagian dari sistem hidrologi, air panas bumi memiliki sistem pembentukan yang berbeda dengan air tanah.

Baca Juga  Potensi Panas Bumi Cisolok, Geyser-nya Indonesia

Aktivitas panas bumi memang akan memanfaatkan air permukaan pada kondisi tertentu. Biasanya penggunaan air permukaan dilakukan pada saat pemboran atau pembangunan fasilitas pembangkitan.

Baca Juga  Kemenkeu Setujui Holding Panas Bumi

Kurangnya pemahaman masyarakat pada hal ini merupakan hal yang wajar. Namun sering kali oknum tertentu memanfaatkan ke kurang pahaman masyarakat untuk mengkerdilkan peran panas bumi dalam pemenuhan kebutuhan energi bersih nasional. (hn).

Berita ini 164 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Berita

Pengembang Panas Bumi Gunung Slamet PT SAE Hibahkan Infrastruktur Senilai Rp 11 Miliar

Berita

Pesona Geyser Tuti Adagae di Alor, Air Panas Bumi Memancar dari Batu Kristal

Berita

PLN Segera Eksplorasi Panasbumi Watu Wawer

Berita

Teknik Geofisika Universitas Lampung, Terbaik Ke-3 di Indonesia

Berita

Empat Perusahaan Panas Bumi Raih Anugerah PROPER Emas KLHK

Berita

Insentif Panas Bumi, Pertamina Usulkan Pemerintah Kembalikan Anggaran Infrastruktur Jalan

Berita

Atasi Pandemi Covid-19, PGE Area Kamojang Berikan Bantuan ke Pemkab Garut

Berita

Wapres Jusuf Kalla: Energi Panasbumi Relatif Mahal, Namun Biaya Lingkungannya Nol