Home / Berita

Jumat, 19 Juli 2019 - 15:44 WIB

Inilah 22 Titik Potensi Panasbumi di Sulawesi Tengah

Air panasbumi Bora di Sulawesi Tengah. (Sumber foto: ksmtour.com)

PABUMNews – Panasbumi menjadi salah satu kekayaan alam Pulau Sulawesi, dan sebagian diantaranya tersimpan di perut Sulawesi Tengah. Pihak Kementerian ESDM (Buku Potensi Panasbumi II, 2017), mencatat ada 22 titik panasbumi di Sulawesi Tengah yang tersebar di berbagai kabupaten. Dari 22 titik tersebut, dua di antaranya sudah ditetapkan menjadi wilayah kerja panasbumi (WKP).

Inilah titik-titik potensi panasbumi di wilayah Sulawesi Tengah

1. WKP Bora-Polu

Ditetapkan menjadi WKP dengan SK 1828 K/30/MEM/2012 tanggal 30-04-2012. Lokasinya berada Kabupaten Sigi dan Kota Palu.

Nama Bora Pulu diambil karena potensi panasbumi di WKP ini terdapat di dua titik yakni di Bora dan Pulu. Di Bora potensi terduga sebesar 93 MW, sementara di Pulu 30 MW. Panasbumi di WKP Bora Pulu ditargetkan beroperasi pada tahun 2025, dengan rencana pengembangan Unit I 40 MW.

Kelebihan titik panasbumi di WKP Bora Pulu, lokasinya bisa dijangkau dengan kendaraan roda empat karena prasarana jalan di Kota Palu sudah bagus.

Tahun 2015 lalu, pemerintah melelang WKP ini, namun hingga taun 2019 ini belum ada pemegangnya.

2. WKP Marana

Panasbumi Marana berada di Kabupaten Donggala dan ditetapkan menjadi WKP dengan SK/30/MEM/2008 tanggal 30-12-2008. Potensi panasbumi Marana mencapai 70 MW (terduga). Rencananya akan dikembangkan pada tahun 2025. Untuk tahap pertama, kapasitas yang akan dikembangkan sebesar 20 MW.

Dari Donggala ke lokasi dapat dicapai dengan menggunakan kendaraan roda empat melalui jalan raya Trans Sulawesi hingga ke Desa Masaingi, Kecamatan Sindue.

Sama seperti WKP Bora Pulu, Marna juga sudah dilelang sejak tahun 2015. Namun hingga tahun 2019 ini belum ada investor.

3. Potensi Kadidia-Sapo

Titik potensi panasbumi Kadidia-Sapo berada di Kabupaten Sigi, dengan potensi terduga sebesar 66 MW. Gejala panasbumi daerah Kadidia berupa pemunculan mata air panas dengan temperatur 40,4- 81,4 °C. Temperatur bawah permukaan diperkirakan berhubungan dengan reservoir panasbumi sekitar 200 °C, sehingga termasuk ke dalam entalpi sedang (medium enthalpy).

Baca Juga  Ketum ADPPI Hasanuddin: “Kepastian Sosial Pengusahaan Panasbumi Tugas Pemerintah"

4. Potensi Kalemago Wanga

Titik panasbumi ini masuk ke wilayah Poso dengan potensi 60 MW (spekulatif). Manifestasi panasbumi di Wanga – Kalemago berupa mata air panas yang muncul di antaranya di daerah Sedoa, Torire dan Katu serta daerah Napu. Panasbumi Kalemago-Wanga termasuk ke dalam entalpi rendah.

5. Potensi Kuala Rawa/Kadidia Selatan

Titik ini memiliki potensi terduga 26 MW, masuk ke wilayah Kabupaten Sigi. Manifestasiyang muncul berupa air panas, di antaranya keluar di daerah Saweng dan Lejja di daerah Bone dan Soppeng.

6. Potensi Langkapa

Dari survei pendahuluan yang telah dilakukan, potensi panasbumi di Langkapa sebesar 25 MW. Titik panasbumi ini berada di daerah Poso.

7. Potensi Lompio

Panasbumi di Lompio memiliki potensi sebesar 8 MW (terduga). Lokasinya berada di Kabupaten Donggala.

8. Potensi Maranda-Kawende

Dari penelitian pihak Kementerian ESDM, panasbumi di Maranda-Kawende memiliki potensi spekulatif 30 MW dan cadangan terduga 50 MW. Lokasinya berada di Poso. Dari Kota Poso Pesisir menuju Kota Kawende sejauh 29 km selama 1 jam dan dilanjutkan dengan perjalanan sejauh 12 km menuju lokasi potensi. Sistem panasbumi Kawende-Maranda berada pada lingkungan non-vulkanik

9. Potensi Pantangolemba

Memiliki potensi 25 MW (spekulatif). Lokasinya berada di wilayah Poso. Manifestasi panasbumi di daerah Pantangolemba berupa pemunculan mata air panas dengan temperatur antara 41 – 54 °C. Sementara dari hasil estimasi, temperatur reservoir daerah panasbumi Pantangolemba sebesar 120 °C.

10. Potensi Papanlulu

Dari survei pendahuluan diperkirakan panasbumi di Papanlulu mencapai 25 MW. Lokasinya masuk ke wilayah Poso.

Baca Juga  Air Panas Alami, Potensi Besar Kepariwisataan Kepahiang

11. Potensi Parigi-Balesu

Pihak Kementerian ESDM mencatat, potensi panasbumi Parigi-Balesu sebesar 10 MW (hipotesis). Titik potensi ini masuk ke wilayah Parigi.

12. Potensi Pulodalagan

Potensi panasbumi Pulodalagan sebesar 5 MW (Spekulatif). Panasbumi di titik ini mencakup daerah Banggai dan Banggai Kepulauan, dan termasuk entalpi rendah.

13. Potensi Ranang – Kasimbar

Potensi panasbumi Ranang-Kasimbar sebesar 10 MW (hipotesis) dan berada di kawasan Parigi Moutong. Manifestasi panasbumi di daerah Ranang-Kasimbar berupa pemunculan mata air panas dengan temperatur antara 55-68 °C.

14. Potensi Sedoa

Panasbumi di titik Sedoa sebesar 15 MW. Daerahnya berada di wilayah Poso. Manifestasi permukaan yang ditemukan berupa air panas dengan temperatur 51 °C. Sementara temperatur fluida bawah permukaan diperkirakan sebesar 110 °C.

15. Potensi Tambu

Potensi panasbumi Tambu di Kabupaten Donggala memiliki cadangan terduga 20 MW. Temperatur bawah permukaan yang mungkin berhubungan dengan reservoir panasbumi diperkirakan sekitar 140 °C.

16. Potensi Tatakalai

Potensi panasbumi di Tatakalai diperkirakan sebesar 5 MW (spekulatif). Wilayahnya berada di Banggai Kepulauan. Panasbumi di Torire-Katu sebesar 54 MW (spekulatif) dan 26 MW (hipotesis). Lokasinya berada di wilayah Poso.

18. Potensi Toro

Panasbumi Toro sebesar 8 MW (hipotesis), berada di wilayah Sigi.Temperatur bawah permukaan diperkirakan mencapai 150 derajat Celcius.

19. Potensi Tuare

Titik panasbumi Tuare berada di wilayah Poso, besarnya mencapai 50 MW (spekulatif). 20 Potensi Uwedaka
Memiliki potensi 5 MW (spekulatif. Lokasinya berada di Banggai.

21. Potensi Watuneso
Berada di daerah Poso dengan potensi spekulatif 25 MW.

22. Potensi Wuasa
Panasbumi di titik Wuasa mencapai 25 MW (spekulatif) dan masuk ke wilayah Poso. (es)

Berita ini 177 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Berita

NTT akan Gali Panasbumi untuk Kejar Elektrifikasi

Berita

Proyek PLTP Unit II Dieng dan Patuha Dimulai, Geo Dipa Bisa Terangi 540.000 Rumah Tahun 2023

Berita

Ikut Atasi Covid-19, Perusahaan Panas Bumi PT SEML Salurkan Bantuan Alat Kesehatan

Berita

Kementerian ESDM Sosialisasikan WKP Atedai

Berita

Berbagai Resiko Pengembangan Energi Panasbumi

Berita

Pemerintah Targetkan Lima PLTP Berkapasitas 196 MW COD Tahun 2021, Berikut Rinciannya

Berita

Harga Tarif Listrik Tidak Mendukung Investasi Panasbumi

Berita

Yunus Saefulhak: Panasbumi, Warisan Anak Cucu yang Tak Pernah Habis