Home / Berita

Kamis, 8 Oktober 2020 - 15:17 WIB

Inilah Rencana Besar Geo Dipa Kembangkan Panas Bumi Dieng dan Patuha

Direktur Utama PT Geo Dipa Energi (Persero) Riki F Ibrahim. (*)

PABUMNews – PT Geo Dipa Energi memiliki rencana besar dalam pengembangan panas bumi Dieng (Jawa Tengah) dan Patuha (Jawa Barat). Direktur Utama PT Geo Dipa Riki F Ibrahim menyebut, PLTP di kedua lokasi tersebut akan dikembangkan hingga unit VIII.

Hal itu dilakukan sebagai bentuk dukungan GDE sebagai Special Vehicle Missions agar porsi pemanfaatan enegi rendah emisi di Indonesia makin besar, juga mendorong pencapaian target bauran energi 23% yang ditetapkan pemerintah.

Hingga tahun 2020 ini, baik PLTP Dieng maupun Patuha masing-masing baru memiliki kapasitas 55 MW, padahal potensi cadangan energi panas bumi di kedua lokasi tersebut masih sangat besar. Oleh karena itu, Geo Dipa telah menetapkan rencana pengembangan panas bumi di kedua tempat itu.

Baca Juga  Sempat Gaduh, Surat Menteri Keuangan Soal PLN Akhirnya Dinilai Tepat

Riki menyebut, saat ini pihaknya segera melakukan pembangunan PLTP Dieng dan Patuha Unit II berkapasitas 55 MW untuk masing-masing unit.

“Dieng dan Patuha Unit II ditargetkan beroperasi pada tahun 2023,” jelasnya kepada wartawan, Selasa (5/10/2020).

Usai Unit II beroperasi, lanjut Riki, Geo Dipa akan melanjutkan pembangunan PLTP Dieng dan Patuha Unit III dengan kapasitas masing-masing 55 MW. Unit III ini ditargetkan beroperasi pada tahun 2025.

Tak berhenti di sana, Geo Dipa berencana mengembangkan PLTP Dieng dan Patuha hingga unit VIII. Menurut Riki, setelah unit III COD, pihaknya akan melanjutkan pembangunan PLTP Dieng dan Patuha Unit IV sampai VIII.

“PLTP Dieng IV-VIII ditergetkan berkapasitas 270 MW dan COD pada tahun 2030. Sementara PLTP Patuha IV hingga VIII ditargetkan berkapasitas 290 MW dan beroperasi pada 2032,” jelasnya.

Baca Juga  Tahun 2017, Penerimaan Negara dari Panasbumi Lampaui Target

Riki menambahkan, selain rencana pengembangan PLTP Dieng dan Patuha, Geo Dipa juga sekarang sedang melakukan pembangunan PLTP Additional Dieng-1 Small Scale 10 MW yang ditargetkan beroperasi tahun 2021. Sementara di Patuha, dibangun PLTP Binary Cycle 10 MW yang ditergetkan beroperasi tahun 2022.

Selain memaksimalkan pemanfaatan panas bumi Dieng dan Patuha, Geo Dipa juga telah menetapkan pemanfaatan panas bumi di lokasi lain yang yang IPB-nya telah dipegang. Di antaranya panas bumi Umbul Telomyo dan panas bumi Arjuno Welirang.

Menurutnya, panas bumi di kedua lokasi tersebut ditergetkan beroperasi pada tahun 2035 dengan kapasitas total sekitar 200 MW. (Ref)

Berita ini 254 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Berita

Jonan, “Capaian Target Bauran Energi Pemerintahan Jokowi-JK 12 Persen”

Berita

The 8th II GCE 2022  Dapat Dijadikan Momentum Panas Bumi sebagai Energi Berkelanjutan Masa Depan

Berita

Italia Minati Panasbumi Indonesia

Berita

Dengan Anggaran 110 Juta Dolar AS, Ini Garapan Perusahaan Panasbumi PGE Tahun 2020

Berita

Siapa Investor Panasbumi Galunggung?

Berita

Wamen ESDM Arcandra Tahar: Energi Fosil akan Terus Dikurangi
PLTP Patuha, salah satu pembangkit listrik tenaga panas bumi yang dimiliki Kabupaten Bandung.

Berita

Program Bedas Caang Baranang Kabupaten Bandung Andalkan Energi Listrik Panas Bumi

Berita

Pengembangan Panasbumi Seulawah “Project Pilot” Keterlibatan Daerah