Home / Berita

Kamis, 8 Oktober 2020 - 15:17 WIB

Inilah Rencana Besar Geo Dipa Kembangkan Panas Bumi Dieng dan Patuha

Direktur Utama PT Geo Dipa Energi (Persero) Riki F Ibrahim. (*)

PABUMNews – PT Geo Dipa Energi memiliki rencana besar dalam pengembangan panas bumi Dieng (Jawa Tengah) dan Patuha (Jawa Barat). Direktur Utama PT Geo Dipa Riki F Ibrahim menyebut, PLTP di kedua lokasi tersebut akan dikembangkan hingga unit VIII.

Hal itu dilakukan sebagai bentuk dukungan GDE sebagai Special Vehicle Missions agar porsi pemanfaatan enegi rendah emisi di Indonesia makin besar, juga mendorong pencapaian target bauran energi 23% yang ditetapkan pemerintah.

Hingga tahun 2020 ini, baik PLTP Dieng maupun Patuha masing-masing baru memiliki kapasitas 55 MW, padahal potensi cadangan energi panas bumi di kedua lokasi tersebut masih sangat besar. Oleh karena itu, Geo Dipa telah menetapkan rencana pengembangan panas bumi di kedua tempat itu.

Baca Juga  Indo EBTKE Conex 2020 Digelar, Kementerian ESDM Jelaskan Dua Skema Pembiayaan Panas Bumi

Riki menyebut, saat ini pihaknya segera melakukan pembangunan PLTP Dieng dan Patuha Unit II berkapasitas 55 MW untuk masing-masing unit.

“Dieng dan Patuha Unit II ditargetkan beroperasi pada tahun 2023,” jelasnya kepada wartawan, Selasa (5/10/2020).

Usai Unit II beroperasi, lanjut Riki, Geo Dipa akan melanjutkan pembangunan PLTP Dieng dan Patuha Unit III dengan kapasitas masing-masing 55 MW. Unit III ini ditargetkan beroperasi pada tahun 2025.

Tak berhenti di sana, Geo Dipa berencana mengembangkan PLTP Dieng dan Patuha hingga unit VIII. Menurut Riki, setelah unit III COD, pihaknya akan melanjutkan pembangunan PLTP Dieng dan Patuha Unit IV sampai VIII.

“PLTP Dieng IV-VIII ditergetkan berkapasitas 270 MW dan COD pada tahun 2030. Sementara PLTP Patuha IV hingga VIII ditargetkan berkapasitas 290 MW dan beroperasi pada 2032,” jelasnya.

Baca Juga  Archandra Dorong Perbankan Investasi dalam Pengembangan EBT

Riki menambahkan, selain rencana pengembangan PLTP Dieng dan Patuha, Geo Dipa juga sekarang sedang melakukan pembangunan PLTP Additional Dieng-1 Small Scale 10 MW yang ditargetkan beroperasi tahun 2021. Sementara di Patuha, dibangun PLTP Binary Cycle 10 MW yang ditergetkan beroperasi tahun 2022.

Selain memaksimalkan pemanfaatan panas bumi Dieng dan Patuha, Geo Dipa juga telah menetapkan pemanfaatan panas bumi di lokasi lain yang yang IPB-nya telah dipegang. Di antaranya panas bumi Umbul Telomyo dan panas bumi Arjuno Welirang.

Menurutnya, panas bumi di kedua lokasi tersebut ditergetkan beroperasi pada tahun 2035 dengan kapasitas total sekitar 200 MW. (Ref)

Berita ini 24 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Berita

Wilayah Kerja Panas Bumi Bituang Dibor Tahun 2021, Pemerintah Gencarkan Sosialisasi
ITB Gelar Workshop Panas Bumi

Berita

ITB Gelar Workshop Panas Bumi Internasional Ke-10

Berita

Panasbumi Jadi Andalan Pembangunan Rendah Karbon

Berita

RUPTL 2018-2027: Batu Bara Masih Dominan, Panasbumi Tetap Prioritas

Berita

Pemerintah Luncurkan Sejumlah Insentif untuk EBT, Berikut Insentif untuk Pemanfaatan Panas Bumi

Berita

PGE Pasang Target Kapasitas 1.112 MW Hingga 2026
ITB International Geothermal Workshop 2021

Berita

ITB International Geothermal Workshop 2021 Di Buka Besok

Berita

Tolak PLTU, Bengkulu akan Maksimalkan Pemanfaatan Panasbumi