Home / Berita

Kamis, 23 Januari 2020 - 14:10 WIB

ITB Gelar Workshop Geothermal Internasional 2020 pada Maret – April

PABUMNews – Akhir Maret hingga awal April 2020 akan ada peristiwa penting dalam upaya pengembangan teknologi pemanfaatan energi panasbumi. Peristiwa itu adalah digelarnya Workshop Geothermal Internasional ITB 2020 di kampus ITB, Jawa Barat yang akan menghadirkan para pakar dan praktisi panasbumi nasional dan internasional.

Dikutip dari laman geothermal.itb.ac.id, kegiatan Workshop Geothermal Internasional ITB 2020 terbagi menjadi pra-workshop yang akan dilaksanakan tanggal 30-31 Maret 2020 dan workshop tanggal 1-2 April 2020.

Kegiatan yang digelar oleh Program Magister Geothermal ITB tersebut sebagai kontribusi terhadap pengembangan panasbumi di seluruh dunia khususnya Indonesia.

Baca Juga  Lapangan Panasbumi Berusia Lebih 35 Tahun Ini, Ditarget Pendapatan Rp 1,6 Triliun

Rangkaian kegiatan pra-workshop di antaranya akan ada presentasi dari pakar eksplorasi geothermal, Andrew McMahon, yang akan memperkenalkan tentang Leapfrog Geothermal.

Leapfrog Geothermal adalah pemodelan geologi 3D yang yang bisa memperjelas pengangkapan data mengenai siklus dan dinamika panasbumi. Dengan pemodelan ini maka resiko kegagalan pada tahapan eksplorasi dan operasi lapangan bisa dikurangi.

Sementara rangkaian kegiatan workshop, di antaranya menghadirkan pembicara Dirjen EBTKE Kementerian ESDM FX Sutijastoto, Ketua API Prijandaru Effendi, pembicara dari Bank Dunia, Ormat, Star Energy Darajat, Pertamina Geothermal Energi dan sebagainya.

Baca Juga  Perusahaan Panas Bumi PT Star Energi Geothermal Indonesia Membuka Lowongan Kerja, Berikut Ini Persyaratannya

Workshop juga akan melaksanakan kegiatan Field Camp dan Field Trip. Dalam kegiatan Field Camp para peserta akan dikenalkan pada kegiatan tahapan eksplorasi pengembangan panasbumi langsung di lapangan, di antaranya eksplorasi panasbumi Tangkuban Parahu.

Sementara dalam kegiatan Field Trip, peserta akan diperkenalkan langsung dengan sumber daya panasbumi dan pemanfaatannya dengan mengunjungi Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi Darajat. (es)

Berita ini 66 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Berita

Tips Berwisata ke Kawasan Panasbumi

Berita

Pengembangan Panasbumi Sering Terkendala Peraturan Daerah

Berita

Potensi Panas Bumi Jawa Barat Tersebar di 25 Titik, Berikut Rinciannya

Berita

Perusahaan Panas Bumi PT SEML Sembelih 6 Ekor Sapi Qurban untuk Warga Sekitar

Berita

PGE Rayakan 35 Tahun Panasbumi Kamojang

Berita

Panasbumi Sibayak, Anugerahi Sidebuk-debuk dengan Air Panas Alami

Berita

Perusahaan Panasbumi PT Supreme Energy Rantau Dedap Peroleh Penilaian Emas Selero CSR Award 2023

Berita

PLTP Muara Laboh Pembangkit Panasbumi Pertama di Sumatera Barat Diresmikan