Home / Berita

Selasa, 23 Juli 2019 - 20:30 WIB

Ketua Komisi VII DPR RI : Sumatera Utara Surplus Listrik Berkat PLTP Sarulla dan PLTU Langkat

Gus Irawan Pasaribu

Gus Irawan Pasaribu

Gus Irawan Pasaribu (Sumber foto: dpr.go.id)

PABUMNews – Beropeasinya pembangkit listrik tenaga panasbumi (PLTP) Sarulla 3×110 yang dioperasikan PT SOL (Sarulla Operation Limited), sangat mempengaruhi kondisi kelistrikan Sumatera Utara. Kini kelistrikan di Sumatera Utara mengalami surplus sehingga Medan pun tak lagi mengalami pemadaman bergilir.

Hal itu diungkapkan Ketua Komisi VII DPR RI, Gus Irawan Pasaribu, saat memimpin Tim Kunjungan Kerja Spesifik Komisi VII DPR RI ke Langkat, Sumut, Senin (22/7/2019) seperti dirilis dpr.go.id.

Gus Irawan menyatakan, pada tahun 2015 Sumut sempat defisit listrik dan Kota Medan selalu mengalami pemadaman bergilir. Menurutnya, kondisi itu sangat ironis mengingat Medan merupakan kota terbesar ketiga di Indonesia.

Baca Juga  PT Rekind dan Supreme Energi Kerjasama Bangun PLTP Rantau Dedap

“Namun sejak tahun 2017, hal itu tak terjadi lagi. Listrik di Sumatera Utara bahkan hingga Provinsi Aceh kini stabil,” jelasnya.

Gus Irawan mengungkapkan, beroperasinya PLTP Sarulla 3×110 ditambah kemudian PLTU Bangkalan 2×200 MW, membuat Sumatera Utara mengalami surplus listrik sejak tahun 2017.

“Surplus ini menumbuhkembangkan industri di Sumut hingga Aceh. Sebelumnya, ada defisit listrik yang mengakibatkan pemadaman bergilir. Kondisi ini tentu sangat mengganggu mobilitas masyarakat dan industri,” jelasnya.

Gus Irawan menyatakan bersyukur dengan kemajuan elektrifikasi di Sumut tersebut.

‚ÄúDengan kondisi listrik yang sudah surplus seperti sekarang, industri di Sumut tumbuh berkembang hingga ke Aceh, karena sejak 2017 sudah suplus,” tutur legislator asal Sumut tersebut.

Baca Juga  Pemerintah Tawarkan Empat Wilayah PSPE Panasbumi

Namun ia mengakui di beberapa titik di wilayah Sumatera Utara sekarang ini memang masih ada pemadaman bergilir. Dikatakannya, persoalan terebut bukan pada defisit listrik, melainkan belum ada gardu dan transmisi yang dibangun untuk menyalurkan listrik.

“Kini, dengan surplus listrik, industri bergeliat pesat dan aktivitas warga juga tak terganggu. Dengan telah beroperasinya beberapa pembangkit listrik, Sumut bisa membantu elektrifikasi nasional, setidaknya di Pulau Sumatera,” katanya.

Sumatera utara memang salah satu daerah yang memiliki potensi panasbumi cukup besar. Bahkan, PLTP Sarulla, salah satu PLTP yang ada di daerah itu, merupakan PLTP terbesar di dunia. (es)

Berita ini 111 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Berita

Geothermal ITB dan ECADIN Gelar Webinar Bertema Cost Recovery dalam Pemanfaatan Panas Bumi Jumat (7/8)

Berita

Persoalan Sosial Hambat Pengembangan Panasbumi

Berita

Tak Sekedar Hasilkan Energi Panasbumi, Ini Harapan warga kepada PGE

Berita

Sayangkan Putusan PN Jaksel, Geo Dipa akan Ajukan Kasasi

Berita

Pengembangan Panasbumi Terkendala Harga Jual Listrik dari PLTP

Berita

Pilot Project Government Drilling Wae Sano Ditolak Sebagian Warga, Bank Dunia Segera Beri Tanggapan
Manvit Susun rencana Mitigasi Kerak Silika

Berita

Mannvit Susun Rencana Mitigasi Kerak Silika Dieng

Berita

PT. Geo Dipa Energi Beri Bantuan Warga Terdampak Pandemi Covid-19 di Area PLTP Unit 2