Home / Berita

Jumat, 29 Desember 2017 - 07:52 WIB

Lima WKP akan Dilelang, Koordinasi dengan Pemda Diperkuat

PABUMNews-Tahun 2018, Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) akan melelang lima Wilayah Kerja Panasbumi (WKP) dengan total kapasitas 130 MW.

Kelima WKP tersebut adalah WKP Telaga Ranu di Maluku berkapasitas 60 mw, WKP Gunung Pandan di Jawa Timur dengan kapasitas 20 mw, WKP Suwawa di daerah Sulawesi Tengah, Palu, berkapasitas 20 mw, WKP Lainea di Sulawesi Tengah dengan kapasitas 10 mw, dan WKP Wab Salit di Gorontalo sebesar 20 mw.

Direktur Panasbumi, Kementerian ESDM Yunus Syaifulhaq menjelaskan, pelelangan kelima WKP ini masih menunggu Permen ESDM mengenai Lelang WKP, Penugasan dan Izin Panas Bumi keluar. “Jika permen ini selesai, maka lelang langsung dilaksanakan,” ungkapnya Rabu (27/12/2018).

Baca Juga  Berinovasi Tinggi dalam Proyek Geothermal, PT Rekind Peroleh Penghargaan Tingkat Asean

Namun, ungkap Yunus, bisa saja lima WKP tersebut ditugaskan ke badan usaha.

Di tempat terpisah Yunus pun mengungkapkan, lelang kelima WKP tersebut akan melibatkan PT PLN (Persero), Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan, Badan Geologi dan Pemerintah Daerah.

Kordinasi dengan PLN, dilakukan karena PLN sebagai off taker listrik utama dari pembangkit panasbumi.

“PLN dipersilahkan menghitung kebutuhan kebutuhan listrik di mana WKP itu berada, sehingga ada kesesuaian antara kebutuhan dan suplai,” ungkapnya.

Baca Juga  Dirut Geo Dipa: PLTP Patuha I Asset Negara, Tak Mungkin Diserahkan ke BGE

Sementara koordinasi dengan Badan Geologi, untuk menghitung potensi pasti energi yang mampu dihasilkan dari WKP yang dilelang. “Dengan Badan Geologi menyangkut persoalan teknis,” ungkapnya.

Koordinasi yang tak kalah penting, lanjut Yunus, dengan pemerintah daerah sebagai penghubung dengan masyarakat. Kordinasi dengan Pemda akan lebih diperkuat sebab Pemda harus bisa melakukan sosialisasi tentang pembangunan WKP panasbumi.

Yunus pun menjelaskan, Permen yang disiapkan adalah turunan Peraturan Pemerintah Nomor 7 Tahun 2017 tentang pemanfaatan panasbumi tidak langsung dan akan digunakan sebagai dasar melaksanakan lelang panasbumi. (es)

Berita ini 10 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Berita

Sebanyak 25 Pemda Peroleh Bonus Produksi Panasbumi

Berita

Pro Kontra PLTP Baturaden

Berita

Air Panas Gunung Papandayan, Destinasi Wisata di Tengah Hawa Dingin yang Mengigit

Berita

Presiden Jokowi Tetapkan Bonus Produksi Bagi Daerah Penghasil Panasbumi

Berita

ITB Gelar Workshop Panas Bumi Internasional 10-13 Agustus

Berita

Presiden Jokowi Sampaikan Tujuh Instruksi Terkait Pandemi Covid-19

Berita

Lelang WKP Galunggung Diperpanjang

Berita

Pemkab Bandung Inginkan Kepemilikan Saham di Perusahaan Panasbumi